Tradisi: Kalkulasi Timbang Tulang – by Petrus G.O

Pada saat seorang anak lahir dalam keluarga cina umumnya orang tua atau kakek/nenek menyimpan atau mencatat tanggal lahir lunar (imlek) anak tersebut. Biasanya yang paling mudah dilakukan adalah menyimpan sobekan tanggal imlek dari kalender. 

Artikel Terkait :

Dari tanggal lahir dapat dihitung ‘berat tulang’ berdasarkan tanggal, tahun, jam dan bulan.  Berikut ini disajikan tabel cara menghitung ‘berat tulang’ yang dipercaya dapat memproyeksikan masa depan anak tersebut.



Setelah menjumlah berat-tulang dari jam, tanggal, bulan dan tahun lihat tabel di bawah untuk penafsiran berat-tulang tersebut (angka yang tebal menunjukkan berat-tulang dan teks di bawahnya adalah penafsiran):

2.2
Tangan dingin, tulang dingin, susahnya bukan main. Peruntungan ini mendorong jadi pengemis. Membanting tulang untuk melewati hari akhirnya secara membungkuk-bungkuk untuk hidup.

2.3
Peruntungan ini tulangnya sangat ringan.Berusaha kerja, kerja pun susah jadinya. Sanak saudara, istri dan saudara susah diandalkan. Pindah ke lain kampung jadi gelandangan.

2.4
Peruntungan ini tidak mendatangkan rejeki. Di halaman rumah tidak terdapat pohon yang berhasil. Seluruh saudara tidak dapat diandalkan. Pindah ke lain kampung malah jadi orang tua nganggur.

2.5
Nasib ini tidak dapat peninggalan harta warisan. Rumah tinggalnya seperti rumah kosong. Sanak saudara susah semua. Sepanjang hidupnya menanggung capai-lelah saja.

2.6
Hidupnya berpakain saja susah payah. Berusaha terus-menerus tiada hentinya. Hingga pindah ke lain tempat, berdaya upaya akhirnya dapat berpakaian sekedarnya saja.

2.7
Sepanjang hidupnya bawa caranya sendiri saja. Tidak dapat leluhur untuk jadi sandaran. Dengan seekor kuda dan senjata pergi merantau. Dari muda hingga tua tidak dapat apa apa.

2.8
Sepanjang hidup melakukan kerja seperti tertiup angin. Harta benda dari leluhur seperti dalam impian. Walaupun di Kwe Pang atau ganti nama Marga dan Nama harus ganti dua sampai tiga kali.

2.9
Umur muda batas nasib masih belum dirasakan. Lalu ada nama baik dapat jadi. Harus menunggu 4 tahun baru dapat berdiri sendiri. Pindah tempat menganti nama marga baru dapat diperbaiki.

3.0
Capai lelah dihidup dalam susah. Lari ke Selatan dan ke Barat tidak istirahat. Kalau mao bersusah payah, bekerja yang rajin dan hemat pada hari tuanya tidak usah merasa sedih.

3.1
Capai repot mencari dalam susah sampai pada waktu awan terbuka dan matahari terlihat. Sampai pada waktu awan terbuka dan matahari terlihat, karena sukar dapat pondasi untuk berdiri sendiri. Pada umur pertengahan makan pakaian perlahan-lahan tercukupi.

3.2
Waktu muda usaha sukar berhasil, perlahan lahan ada sumber seperti air yang mengalir. Sampai pada umur pertengahan makan pakai cukup. Nah, pada waktu itulah nama dan hasil dapat diterima.

3.3
Pada waktu muda kerjapun sukar berhasil, segala daya upaya digunakan dengan kesungguhan hati. Begitu lama masih seperti air mengalir pergi, kemudian peruntungan bisa dapatkan keberuntungan.

3.4
Peruntungan ini rejekinya tidak dapat diterka bagaimana. Di rumah banyak tersedia pakaian orang suci. Berpisah dari orang tua/ keluar rumah baru dapat menjadi baik. Akhirnya tokh akan berdoa Omitofo.

3.5
Hari biasa ukuran rejeki tidak mencukupi, harta peninggalanpun tidak seberapa. Berusaha hanya hidup lumayan, tetapi begitu waktunya tiba makan dan pakai melebihi dari sebelumnya.

3.6
Tak usah bercapai lelah untuk melewati hidup, karena memiliki buah keberuntungan tidak sedikit. Siang-siang telah ada bintang rejeki yang menyinari, ditanggung kau punya pergi segala usaha berhasil.

3.7
Nasib ini segala apa susah terjadi. Bantuan adik & kakak sedikit sekali. Harus bekerja sendiri. Meski ada warisan dari orangtua datangnya terlihat perginya tidak ketahuan.

3.8
Dalam hidupnya selalu mulia, siang siang masuk sekolah namamu tentu harum. Tunggu sampai umur tiga puluh enam, baju biru berganti baju merah.

3.9
Peruntunganmu sampai tua tidak baik, meski capai kerja habiskan tenaga hasilnya kosong. Capai hati capai tenaga berusaha, akhirnya dapatnya seperti dalam impian.

4.0
Walau hidupmu makan pakai sederhana, segala hal ada dalam hati dan tujuan yang tetap. Kesulitan yang lampau telah dilewati, tetapi akhirnya tentu dapat dirasakan kesenangannya.

4.1
Hidupmu selalu tidak sama, anda harus bisa hidup melihat keadaan. Umur setengah tua dapat hidup seperti orang hartawan, pada awalannya tidak dapat dikatakan.

4.2
Dalam keadaan sulit ketemu kesulitan, buat apa terlalu disesalkan. Sampai pada umur pertengahan rejeki akan tiba. Nah, di waktu itulah segalanya akan terselesaikan.

4.3
Jadi orangnya hatinya mulia dan pintar, segala perkerjaan tentu dapat bantuan Kwi Jin. Pakaian bagus telah disediakan oleh Thian, tak usah capai capai hidupnya senang.

4.4
Segala urusan dari Thian tak usah diminta minta, harus tahu rejekimu mengandalkan dari orang lain. Waktu muda keuangan susah seperti yang diinginkan. Pada umur lanjut sudah pasti hidup senang.

4.5
Keberuntungan anda akhirnya bagaimana, mula mula susah akhirnya membaik. Dalam hidup sukar memelihara anak lelaki maupun perempuan. Dari sanak saudara juga tak banyak bantuan

4.6
Timur, Barat, Selatan, Utara semua dijelajahi. Ganti nama marga dan pindah tempat kan merasa lebih baik. Makan pakai serba tidak kurang, sudah ditentukan oleh Thian. Pada umur setengah tua hingga tua sama saja.

4.7
Nasib orang ini sudah tua baru senang, istri dan anak mulia memang sudah ditentukan. Sepanjang hidup memang ada murah rejeki. Sumber keuntungan ada seperti mata air.

4.8
Waktu muda peruntungan belum bisa didapat, tidak usah banyak pusing sama saja susah. Bersaudara 6 orang tidak ada yang dapat diminta bantuan, hidup sendiri kerja keras di hari tua barulah mendingan.

4.9
Orang ini rejekinya tidak ringan, kerja sendiri, berdiri sendiri kemakmuran diambang pintu. Selain kaya mulia, semua orang menghormatinya. Dari pegawai rendah hingga tingkat karyawan tingkat tinggi semuanya selamanya tersedia.

5.0
Untuk hasil dan nama dilakukan dengan tekun, umur pertengahan rejeki banyak datang. Umur tua bintang kekayaan menyinari, tak usah dibandingkan dengan yang lampau karena sudah di depan mata.

5.1
Seumur hidup serba mewah, urusanpun mudah. Tak usah capai capai rejeki dengan sendirinya datang. Kakak beradik, paman, keponakan semua akur. Rumah tangga, harta benda rejeki semua seperti yang diinginkan.

5.2
Sepanjang hidup segala urusan dapat dilaksanakan, tak usah cape repot dan lelah dengan sendirinya berhasil. Dalam pergaulan dapat sambutan yang hangat, harta benda makmur memuaskan hati.

5.3
Ini orang rejekinya bagus, membangun rumah tangga dan harta ada di antaranya. Seumur hidup makan pakai sudah pasti. Jodoh seorang yang termasuk di kalangan orang yang kaya.

5.4
Ini orang rejekinya makmur, kepintaran cukup & pekerjaan memuaskan. Pakai cukup makan cukup, kesenangan memuaskan. Betul-betul ialah seorang yang disebut seorang hartawan.

5.5
Melarikan kuda dengan pecut untuk mendapatkan nama baik, masih muda kerja baik dapat pujian orang. Pada satu soal rejeki datang sebagai sumber air, kekayaan kemuliaan mengharumkan seluruh sanak keluarga.

5.6
Orang ini menjalankan susila dengan benar, seumur hidup sejekinya tak habis-habis. Manis, asam, pahit, pedas semua telah dicicipi, penghasilan dan kesenangan mengalir lalu tersimpan dengan aman.

5.7
Rejekinya makmur segala hal dapat tercukupi, seumur hidup gembira mendapat anugerah Thian. Nama terkenal membuat orang ingin hidup seperti kemana ia mau pergi seperti Dewa.

5.8
Seumur hidup makan pakai memang datang, nama & hasil keduanya lengkap, kaya & senang keduanya mengikuti. Nama & hasil setelah cukup, maka rejeki dan makmur akan mengikuti. Seperti memakai pakaian bagus, ikat pinggang dari batu giok, jalanpun di lantai emas.

5.9
Orang ini pintar dan berbudi, maka dapat sekolah tinggi hingga lulus. Tentu berada diantara orang orang bertitel, dengan pecut melarikan kuda mendapatkan nama harum.

6.0
Lulus ujian disekolah mendapat nama baik, dapat meneruskan kemuliaan leluhur. Pakaian yang telah telah ditentukan tidak kurang sedikitpun. Sawah, kebun, uang, kain sutera, pokoknyasemuanya makmur.

6.1
Tidak dapat berpangkat atau berpengaruh tetapi ditetapkan didunia sebagai orang kaya besar. Dengan kepintarannya semua kitab-kitab dapat dikuasai, dengan itu namanya harum dan agung karenanya.

6.2
Nasib ini rejeki tidak sedikit, sekolah tentu dapat gelar tinggi. Pakaian bagus, ikat pinggang emas dan berpangkat maka kaya dan mulia tidak ada yang menyamai.

6.3
Nasib ini kedudukan tinggi dan banyak rejeki, memiliki kekayaan, kemuliaan yang luar biasa. Nama terkenal, rumah bagus dan keharuman namanya tercium didunia.

6.4
Orang ini kekuasaannya tinggi tidak tertandingi, pakaian berpangkat duduk ditingkat yang tinggi. Kekayaan dan kemuliaannya tidak ada yang menyamainya, ternama dari dahulu hingga sekarang.

6.5
Orang ini memiliki kekayaan, kemuliaan tidak kecil dan tidak ada yang dapat mengimbanginya. Dapat menentramkan negara, menyelamatkan kota, dan mengatur masyarakat maka nama harumnya terdengar kesuluruh pelosok.

6.6
Orang ini berada di antara para hartawan, tumpukan emas dan permata memenuhi ruangan. Memiliki kekayaan yang dianugerahkan Thian, kedudukan dan nama harum termasyur mengharumkan sanak keluarga.

6.7
Sejak lahir rejekinya telah tersedia, kebun, sawah, harta benda juga banyak. Selama hidupnya tidak pernah kurang berpakaian mewah, perjalanan hidupnya maju dikarenakan segalausaha mudah terlaksana.

6.8
Kekayaan, kemuliaan tidak usah diminta karena sudah disediakan Thian, berlaksa emas, harta benda tidak usah diusahakan lagi. 10 tahun kemudian sudah tak dapat dibandingkan lagi, harta leluhur diumpamakan perahu diatas air.

6.9
Orang ini tergolong dari bintang baju hijau, seumur hidupnya mewah karena kekayaannya sudahditakdirkan Thian. Banyak orang iri hati melihatnya, melewati hidupnya cukup senang dan memuaskan.

7.0
Orang ini rejekinya tidak ringan mengapa harus bersedih dan capai hati. Kekayaan, kemulian telah disediakan Thian, berpakaian yang bagus dan bertempat tinggal di gedung yang indah.

7.1
Orang ini besarnya tidak sama seperti orang lain, bergaul di antara orang berpangkat sepanjang hidupnya sebagai seorang hartawan. Mewah, mulia, agung memang dasar bakatnya.

About these ads

64 thoughts on “Tradisi: Kalkulasi Timbang Tulang – by Petrus G.O

  1. Halo..saya seorang pembaca situs ini asal Makassar.Saya mau sharing sedikit cerita mengenai timbang tulang ini.
    Kalau di keluarga saya dulu yang tahu tradisi ini cuma Nenek saya dari pihak Ayah.Sepertinya,semua cucu-cucu Beliau memiliki catatan timbang tulang kecuali saya…Saya tidak tahu apakah pada saat saya lahir bertepatan dengan sibuknya keluarga besar kami pindah rumah,tapi menurut Ibu saya,Nenek saya memang tidak pernah menitipkan catatan timbang tulang saya.
    Sekitar dua tahun yang lalu,ketika saya dan adik saya membongkar arsip-arsip tua Nenek saya,kami menemukan sobekan kalender bertanggal 26 April 1985 yang merupakan hari lahir adik saya.Di baliknya,penuh tulisan janji yang sangat rapi berisi penanggalan lunar lengkap dengan jam lahir adik saya.Pada bagian bawahnya,terdapat empat baris puisi yang ternyata berisi ramalan timbang tulang tersebut.
    Berhubung karena di keluarga kami hanya sedikit sekali huruf kanji yang bisa dibaca, maka kami minta bantuan seorang sepupu Ayah untuk menerjemahkannya.
    Sayangnya,sepupu Ayah yang dulunya sekolah dengan kurikulum bahasa Indonesia yang belum disempurnakan menerjemahkan puisi itu dengan “aneh”.Akhirnya kami pun bingung memahami maksudnya.
    Selang beberapa bulan kemudian seorang sepupu saya memprint dari internet “rumus” timbang tulang.Berhubung karena saya juga belajar Hong Shui sedikit-sedikit,maka dengan mudah saya mengetahui nama-nama jam yang dalam perhitungan waktu Tionghoa berbeda dengan perhitungan waktu yang umumnya kita pakai saat ini.Saya pun akhirnya berhasil menemukan syair timbang tulang adik saya yang ternyata setelah dijumlah bernilai 5.1.
    Nah,karena Nenek saya tidak meninggalkan catatan timbang tulang saya,saya pun menghitung timbang tulang saya sendiri.Bermodalkan catatan tanggal dan jam lahir saya pun akhirnya berhasil menemukan syair timbang tulang saya.Lumayan,nilainya 6!
    Akan tetapi,apa yang saya alami di hidup saya hingga kini agaknya sedikit bertolak belakang dengan syair timbang tulang tersebut.Di sana dikatakan “Lulus sekolah mendapatkan nama baik,dapat meneruskan kemuliaan leluhur…”lha kenyataannya,saya hanya lulusan S3(SD,SMP,SMA).Lalu, “Pakaian tidak kurang sedikit pun,sawah, kebun,uang dan kain sutra,pokoknya semuanya makmur.”Ini juga tidak terlalu sesuai dengan kenyataan karena hingga di usia saya yang ke 24 ini,semua di atas itu belum juga terpenuhi…ha,ha.
    Tapi,saya menjadikan syair timbang tulang itu sebagai motivasi hidup saya.Saya tahu,hidup saya masih panjang.Dan jikalau suatu hari nanti syair tersebut bisa diwujudkan,saya berjanji untuk senantiasa mensyukurinya dan menjadikan diri saya sebagai saluran berkat bagi orang lain.
    Pasti!

  2. No worry..keberuntungan lahir hanya sekian persen dari keberuntungan hidup. Amal dan kerja keras menentukan juga. ^^
    Jia you!!

  3. Yang menentukan perjalanan hidup seseorang adalah faktor THIAN, DI dan REN.
    THIAN itu maksudnya waktu dilahirkan, latar belakang keluarga dan lingkungan dan sebagainya. Yang semuanya diluar “jangkauan” kita untuk merubahnya.
    DI ialah tempat dimana kita tinggal. Tempat disini bisa negara, kota dan rumah. Seringkali disebut-sebut sebagai feng shui.
    REN maksudnya bagaimana usaha kita sebagai manusia untuk selalu meningkatkan kualitas diri. Melalui pendidikan, lebih rajin dan tekun bekerja dan berusaha.

    Ketiga faktor diatas saling terkait dan mempengaruhi bagaimana perjalanan hidup kita.

  4. hi,

    Setelah saya hitung2, nilai tulang saya ternyata 3.7. Waduuh…kasian kali nih.. puisinya seperti ini :

    “Nasih ini segala apa susah terjadi. Bantuan adik & kakak sedikit sekali. Harus bekerja sendiri. Meski ada warisan dari orangtua datangnya terlihat perginya tidak ketahuan”.

    Ada gak yg bisa menerangkan lebih jauh arti syair ini. Kelihatannya jumlah tulangnya 3.7 sih okie okie..tapi kok syairnya kayak gitu sih? sob sob..* *

    ada yg bisa bantu nerangi gak? makasih nih..

  5. hi

    saya ingin mencoba,
    tapi saya bingung pada bagian tahun..

    tahun yang dipakai itu tahun lahir kita secara imlek? atau secara universal?

    terima kasih

  6. Halo Yth Bapak/Ibu pemimpin dan redaksi dan seluruh staff Forum Budaya Tiong Hua..

    Perkenalkan nama saya Kon Si Nent (Kwan Se Neng)

    Saya minta tolong..saya ingin mengetahui tanggal lahir saya yg sesungguhnya..

    Tanggal lahir Imlek saya tgl 28 bulan 2 tahunnya saya tidak tahu..saya cuma tau di akta lahir saya 5 April 1984..

    Jadi saya minta tolong agar saya tau tahun imleknya berapa??

    Dan saya ingin tanggal alhir saya yg sebenarnya menurut penanggalan internasional krn saya yakin saya bukan lahir di tanggal 5 April 1984 soalnya saya lahir tepat tanggal 28 bulan 2 menurut penanggalan kalender china..

    terima Kasih..

  7. Pak Petrus kalo berat tulang 3.8 itu kan dalam syairnya ada kata “tunggu sampai 36,baju biru berganti jadi baju merah”.Itu maksudnya apa yah?

  8. saya ingin menanyakan berapa perhitungan berat tulang anak laki-laki saya yang lahir pada tanggal 1 April 2005 jam 14.15 WIB, terima kasih.

  9. Hi Pak Petrus,

    pertanyaan yang sama dengan yang penanya sebelumnya, boleh tolong terangin arti dari ” tunggu sampai umur 36 baju biru berganti baju merah?”
    thanks:)

  10. saya pembaca web site yg baru ini saya mau tanya tentang peruntungan saya di tahun 2008 saya lahir tanggal 21 agustus 1974 rabu paing saya minta rinciannya thanks.

  11. Salam kenal, pak Petrus.
    saya juga hanya tahu tanggal lahir masehi saya 30 agustus 1979. Saya ingin tahu tanggal lahir imlek saya, krn orang tua tidak menyimpan tanggalan kalendernya.
    Saya sangat memerlukannya untuk kepentingan persiapan perkawinan saya.
    Saya sangat berharap pak Petrus dapat membantu saya dalam mencari tanggal lahir imlek saya.
    Terima kasih sebelumnya.

  12. February 13, 2008 jam14:15

    Memperkenalkan diri saja pak Petrus,
    Lama sekali saja berusaha untuk mencari daftar timbang tulang ini,sebab
    pertama saja baru belajar internetan (bln oktober baru beli computer),
    dan saja ketemu daftar2 anda jg membingngungkan jaitu daftar dari salah
    satu pengarang Peter Shen pada bulan2nja tidak sama,menurut dia bulan
    Maret=0.7,sedang di tabel anda,1.8. Juga di tabel Handjojo=0.7.untuk bulan Maret ini . Mohon keterangan tentang perbedaan ini pak ,selain itu
    daftar tahun,tanggal dan jam persis seperti punja anda.
    Saja mengucapkan terima kasih banjak2 sebelumnja.

  13. Tuan Petrus,
    Saja lupa ngetik websitenja,maaf ja baru belajar nih,pertanjakan saja
    tadinja jaitu perbedaan angka bulan Maret di tabel anda 1.8,sedang di
    tabel Handjojo&Peter Shen=0.7,jadi saja bingngung.
    Mohon keterangan anda jg sangat saja butuhkan.
    Banjak2 terima kasih atas bantuan anda jg berharga.

  14. Tuan Petrus,
    Pertama saja mengucapkan terima kasih jang tuan sudah membalas per
    tanjakan saja.
    website jang saja temukan dari Handjojo jaitu Main Page didalamnja kalau
    saja klik keluar http:/www.hanfengshui.com/HTMLS/analisapilar.htm
    Dan perhitungannja keluar angka 3.9,sedang dibuku jang saja punjai karangan Peter Shen jang berjudul The Traditional Art of Chinese Fortune Reading terdapat tabel2 jang hasil perhitungannja sama dengan Handjojo
    jaitu 3.9.
    Waktu saja perhatikan daftarnja ada perbedaan di tabel bulan Januar sp
    Desember,sedang lain lain tabel jaitu tabel tahun, tanggal, jam,sama.
    Itulah sebabnja saja jadi bingngung,jang saja hitungitu jalah,lahir Tahun 1942-Maret -28-jam09-55menit.ramalannja:
    Peruntunganmu sp tua tdak baik……..dsb.dsb…;sedang Tuan punja perhitungan menurut tabel=5.0,
    Ada satu lagi jg saja ingin tanjak ,apakah kalau kita pindah keluar negeri
    jang terjamin penghidupan kita akan berubah? Saja rasa tidak kan??
    Nah sebelumnja saja mengucapkan banjak banjak terimakasih!

  15. Sambungan,
    Oja Tuan Petrus,ada jang berbeda lagi satu jaitu daftar hari di Peter,
    harinja jaitu tggl 12=1.6(anda punja 1.7) ke dua;jam17-18.59=0.8 (anda
    punja0.9).
    Untuk jelasnja saja lampirkandaftar bulan Peter punja jang menurut saja
    angka bulan Desember jadi angka Januari.
    Jan=0.5 Feb=0.6 Mar=0.7 Apr=1.8 Mei=0.9 Jun=0.5 Jul=1.6 AUg=0.9 Sep =1.5 Oct=1.8 Nov=0.8 Dec=0.9
    Inilah jang saja maksud, dia (P.Shen) punja daftar sedang Handjojo tidak
    beri tahu daftarnja cuma kalau kita klik (atas kiri) diwebsitenja dia akan
    kalkulasikan utk kami,dan hasilnja sama dgn P.Shen,jadi saja kira tabel sama (?)
    Harap anda lebih jelasan sekarang.
    Terima kasih banjak utk pertolongan anda sebelumnja.

  16. Pingback: Memoir of Dreams - Tradisi Timbang Tulang

  17. Tuan Petrus,
    Tanggal lahir lunar dan bulannja sih bisa diliat dibuku karangan Kwok Man-Ho with Martin Palmer&Joanne O Brien,jam di Peking dan Jakarta
    hanja beda 1 jam pagian jadi tidak berpengngaruh,maka menurut hitung
    an lunar:1942-2-12 jam 10.55berarti=4.8 itukah tuan petrus?
    Bagaimana nasibnja kalau sejak umur 30 an pindah keluar negeri(Holland)sampai sekarang dansampai sisa hidupnja?
    Ada perubahan waktu banjak -6jam? (jam 04.55 ned=10.55peking)
    Terima kasih atas kesediaan anda untuk meluangkan waktu.

  18. Hai,Pak Petrus,masih ingat saya?Saya Merlin yang pernah menulis komentar paling atas di situs ini.Tidak dinyana sudah dua tahun berlalu ya?Sekarang saya masih senang membaca,mengumpulkan,dan mempelajari budaya-budaya tionghoa termasuk cheng gu(timbang tulang) dan ba zi.Tapi untuk ba zi sampai sekarang masih belum mahir-mahir soalnya ssssuuullliitt,sekali!
    Sekarang saya menulis tentang cerita-cerrita keluarga Tionghoa saya di sebuah situs http://www.cafenovel.com.Selain disana,saya juga telah punya blog yakni di http://www.merlinherlina.wordpress.com.Oya,bagaimana dengan kabar Pak Alfred Shi ya?Sudah lama saya tidak mendengar kabar tentang beliau.
    Slam,Merlin.

  19. Hai,Pak Petrus,masih ingat saya?Saya Merlin yang pernah menulis komentar paling atas di situs ini.Tidak dinyana sudah dua tahun berlalu ya?Sekarang saya masih senang membaca,mengumpulkan,dan mempelajari budaya-budaya tionghoa termasuk cheng gu(timbang tulang) dan ba zi.Tapi untuk ba zi sampai sekarang masih belum mahir-mahir soalnya ssssuuullliitt,sekali!
    Sekarang saya menulis tentang cerita-cerrita keluarga Tionghoa saya di sebuah situs http://www.cafenovel.com.Selain disana,saya juga telah punya blog yakni di http://www.merlinherlina.wordpress.com. Oya,bagaimana dengan kabar Pak Alfred Shi ya?Sudah lama saya tidak mendengar kabar tentang beliau.
    Slam,Merlin.

  20. Halo teman2 sekalian, kira2 ada yang udah pernah dapat jawaban atopun tao tentang pertanyaan saya sebelumnya akan arti dari baju biru berganti baju merah itu? Kalau ada mohon sharingnya, thank a lot:)

  21. bagi yang berat tulangnya 3,8….kayaknya nasibnya bagus tuh klo sudah diatas umur 36, karena warna merah itu bagi orang tionghoa kan membawa berkah seperti imlek yang selalu berwarna merah semua….tapi ga tau lagi ya….bagi yang punya berat tulang 3,8, beneran ga nasibnya lebih bagus setelah umurnya di atas 36 dibandingkan nasib sebelum umur 36….bagi dong pengalamannya…sharing gitu lo, karena berat tulang saya juga sama 3,8….hahahaha tapi umur masih belum diatas 36….trims ya….

  22. hehe, kebetulan g juga belum umur 36 ato lewat jadi ga tao nich, mudah2an tar ada sharing dari yg lain yg udah alami, juga semoga pak petrus berkenan utk memberikan penjelasan rincinya berat tulang 3.8, soalnya masih penasaran nich..
    Thanks ya bagi yang udah sharing !

  23. Pingback: Tradisi Timbang Tulang « Amat Lim Weblog

  24. Mr Peter,

    Bisa berikan satu buah contoh perhitungan?
    dan di bagian tabel timbang tulang untuk jam ada chou se, cu se, dll, itu ada maksd tertentu?

    Thanks sebelumny

  25. dh mr Peter,
    mau tanya, jika menurut penanggalan dokter/masehi lahir nya (misal) tanggal 1-Januari-2009 jam 00.30, itu dihitungnya dari tabel jam 23.00-00.59 dan tanggal 31-Desember-2008 ataukah tetap jam 23.00-00.59 tanggal 1-Januari-09?

    thanks

  26. Pak Petrus yg baik, saya minta tolong di hitung berat tulang, lahir:
    Colorado(14 jam lebih lambat dibanding WIB), tgl 10-10-1976.
    Makasih banyak Pak
    Salam Hormat

  27. Pak Petrus yang baik,
    tolong di hitung berat tulangnya ya
    Lahir di Colorado ( 14 jam lebih lambat di banding WIB ?)
    tanggal 10-10-1976
    jam 14
    Salam Hormat

  28. Pak Petrus yang baik tolong hitung beat tulang saya data sbb:
    Lahir : Bandung, 22-12-1963
    antara jam 01.00-03.00
    terima kasih atas perhatiannya

  29. Pak Petrus yang baik tolong hitung beat tulang saya data sbb:
    Lahir : Bandung, 22-12-1963
    antara jam 01.00-03.00
    terima kasih atas perhatiannya

  30. saya sudah dibaptis dan menerima Tuhan Yesus Kristus sebagai juruselamat satu2nya dalam hidupku yang artinya aku telah dibeli oleh darah Kristus dan menjadi milik Kristus yang sah, segala kuasa kutuk maut telah dipatahkan…jadi masa depanku ditangan tuhan Yesus, bukan dari ramalan manusia yang adalah ciptaan-Nya.

    pendek kata: taruhlah iman pengharapan dalam hidupmu hanya kepada Tuhan….kalau ramalan manusia bilang buruk tetapi Tuhan dapat mengubahnya menjadi baik dan sebaliknya….semua tergantung rencana Tuhan….GBU

  31. Pingback: BeeFamily – kumpulan kebudayaan cina | writer

  32. Sekedar Share aja..
    Pangeran William lahir pada pukul 9.03 malam tanggal 21 Juni 1982. Dimana menurut perhitungan berat tulangnya adalah 2,6. Dikatakan:
    “Hidupnya berpakain saja susah payah. Berusaha terus-menerus tiada hentinya. Hingga pindah ke lain tempat, berdaya upaya akhirnya dapat berpakaian sekedarnya saja.”

    Namun kenyataannya kebalikannya bukan?
    Sebaiknya jangan percaya begitu saja dengan apa yang kalian dengar, walaupun hal tsb dipercayai oleh banyak orang dan telah menjadi kepercayaan atau keyakinan sejak turun temurun sejak zaman lampau.

    Sukses berada dalam tangan kita sendiri, sukses berawal dari hati dan pikiran kita sendiri. Apabila kita rajin, terus berusaha dan belajar dari pengalaman, jujur (dapat dipercaya), serta selalu berusaha menjalin hubungan baik dengan semua orang, sukses pasti akan kita raih!

    Sekian, Trims. :)

    • @willy caesar : nyatanya pangeran william emang ga bisa kerja kan? Ga bisa jadi kaya Warren buffet, george soros, atau konglomerat yg lain. Coba dia dibawain pakean 1 koper ama duit 1 M bisa bertahan berapa lama sblm jadi gembel? Boleh dicoba, hahahaaa….
      Btw tanggal dikonversi ke lunar, bulan juga, jam WIB + 1jam (waktu China itu WIB +1)

  33. @mas willy… pangeran William emang udah dari sononya udah kaya jadi ramalan ini bukan kelasnya atau belum terbukti…atau bisa jadi juga arti berpakaian disitu maknanya luas….

  34. Pangeran William
    21 Jun 1982 Lunar 1 May 1982
    Karena jam 21:03 waktu Inggris (GMT) jadi ubah ke GMT + 8 waktu China

    You are like a traveller in life, constantly seeking out new goals. Ensure that your name suits you according to your paht chee, or you will also find yourself moving from one residence to another and feeling unsettled with life. Do not be greedy for assets from your parents. It is better for you if you make your own fortune.

    disini dikatakan jangan tamak/rakus/ingin warisan keluarga, disuruh nyari sendiri… bener kan? :D

  35. aku Azhil 19tahun inggal di Surabaya, tolong dihitungin yaa soalnya ndak bsa caranya inii and bagaimana artinya??
    lahir di 13 Oktober 1993 jam 15

  36. Hi Pak Petrus,

    Hasil timbangan saya dan kenyataan cocok banget deh.

    Kayaknya cara timbang ini tak hanya berlaku untuk orang chinese saja. Saya coba timbang teman saya yang orang India, hasilnya juga cocok (4.4). Benar banget, saat ini umurnya 23 tahun dan dia belum bekerja, semua biaya hidupnya dibantu oleh sang kakek. Katanya, hidupnya akan bahagia di masa tua, mudah-mudahan benar.

  37. Pingback: Ramalan Hoki Bobot Tulang | scorpiotrader's Blog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s