Gereja Toasebio Yang Pro-Tionghoa

Photo : Toasebio , by Ardian Cangianto

Budaya-Tionghoa.Net | Gereja Santa Maria de Fatima terletak di jalan Kemengan III 47, Jakarta Barat. Sejak berdiri pada tahun 1850, misa yang diadakan pada setiap Minggu sore Pater Paulus Chih selalu menggunakan bahasa Mandarin. Menurut Pastor Yosef Bagnara SX, Kepala Gereja Katolik tersebut, ini merupakan satu upaya agar masyarakat keturunan Tionghoa tetap mengenal bahasa nenek moyangnya.

Menurut Pastor Yosef Bagnara SX, sampai saat ini, pihaknya tidak memiliki catatan sejarah yang lengkap mengenai asal mula berdirinya gereja Katolik yang telah berumur lebih dari 45 tahun tersebut. Namun menurut beberapa kisah yang diperolehnya, keberadaan gereja ini merupakan hasil sumbangan dari seorang kapitan China yang bermarga Tjioe. “Kami tidak memiliki nama lengkap orang tersebut,” akunya.Berdirinya gereja ini,terkait dengan terbentuknya RRT. “Sehingga tiga orang misionaris asal Austria pergi ke Indonesia,” katanya.
Setibanya mereka di Indonesia tahun 1950, mereka mendapat sumbangan berupa sebidang tanah untuk dijadikan gereja.

Gereja Taosebio, saat itu hanya menempati bagian depan rumah Tjioe, sampai akhirnya tahun 1953 tanah seluas satu hektar tersebut dibeli oleh Pater Wilhelmus Krause van Eeden. “Saat itu Jalan Kemenangan di depan gereja ini, masih bernama Jalan Taosebio,” ujarnya. Pembelian tanah tersebut, selain untuk memperluas bangunan gereja juga untuk sekolah dan asrama bagi orang-orang Hoakiauw (China perantauan). Pada misa pertama tahun 1954 yang menggunakan bahasa Indonesia, jumlah jemaah hanya sekitar 15-20 orang. Tapi pada minggu berikutnya terus bertambah, terlebih setelah diadakannya misa khusus menggunakan bahasa mandarin. Untuk melaksanakan misa tersebut, pihak gereja mendatangkan Pater Joannes Tcheng Chao Min SJ yang saat itu sedang bertugas di Spanyol. Dalam menjalankan tugasnya Cheng Cao Ming, juga merangkap sebagai pembimbing bagi anak-anak Haokiauw yang saat itu sekolah di Yin Hwa Kao Shang (sekarang SMU II, Jakarta -red.).

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s