Dua Penyair Besar Tiongkok – Tu Fu dan Li Tai Po [Kompilasi]

Photo Ilustrasi : Du Fu

Budaya-Tionghoa.Net | Ada dua orang penyair besar Tiongkok yang ingin saya tuliskan secara bersambung. Nama penyair itu adalah : Li Tai Po dan Thu Fu. Keduanya hidup ketika dinasti Tang. Dinasti Tang terkenal dengan masa keemasan Sastra-Tiongkok,- teristimewa dalam perpuisian. Bahan-bahan yang hendak saya tuliskan, terutama saya ambil dari buku lama. Yang pertama dari HIMPUNAN SADJAK TIONGHOA,- yang dikumpulkan dan diterjemahkan oleh S.Mundingsari. Tahun dikerjakannya perpuisian ini, pada tahun 1946, lalu diserahknnya kepada Penerbitan Balai Pustaka pada tahun 1948. Dan oleh Balai Pustaka, diterbitkan pada tahun 1949. Buku inilah yang jadi bahan penting tulisan ini.

Lalu buku kedua yalah : TU FU,- diterbitkan oleh Komite Perdamaian Indonesia,- yang tepat pada tahun 1962, oleh Komite ini, diadakan peringatan Hari Lahir Tu Fu yang ke- 1250 tahun. Ketika itu secara lengkap diuraikan oleh Pramoedya Ananta Toer. Sedangkan puisi Tu Fu, dikerjakan oleh banyak orang. Misalnya, diterjemahkan oleh Amir Hamzah Anas Ma’ruf – Ang Yan Goan – Mundingsari – Pramoedya Ananta Toer -Ramadhan KH – dan dari majalah Tiongkok Rakyat.

Mengapa selalu apabila orang membicarakan salah seorang dari mereka penyair besar itu, selalu membicarakan keduanya. Sebab pokok yalah antara mereka terjalin persahabatan yang sangat erat. Walaupun watak dan perilaku kehidupannya antara keduanya sangat berbeda – tetapi saling mengisi. Li Tai Po juga disebut Li Pai atau Li Po – juga Li Tai Pai, hidup pada tahun 701 – 762. Sedangkan Tu Fu hidup pada tahun 712 – 770.

Li Tai Po tua 11 tahun daripada Tu Fu. Tetapi mereka sangat berhubungan erat. Bila dibandingkan antara keduanya, Tu Fu lebih banyak mempersembahkan puisinya kepada temannya itu. Tetapi oleh masyarakat Tiongkok, dua-duanya mempunyai sebutan khusus. Li Tai Po digelari Shi Seng = Pandu Sastra. Tu Fu digelari Shi Hsien = Dewa Sastra.

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s