Dao De Jing II : Konsep Dualisme

Budaya-Tionghoa.Net | Pemahaman pada bab 2 ini lebih mengarah kepada konsep dualisme yang melekat dalam diri kita ini. Dengan mengetahui adanya yang indah maka kita akan mengetahui yang buruk. Ada dan tiada walau saling berlawanan tapi disitulah kehidupan berlangsung, tidak selalu yang berlawanan itu adalah yang buruk tapi juga bisa menjadi sesuatu hal, misalnya ada panjang dan pendek yang menjadi bentuk, suara yang tinggi dan rendah menjadi suatu lagu yang harmonis. Semua itu karena persepsi pikiran dari kita saja.

天下皆知美之为美 斯恶矣 皆知善之为善 斯不善已

故有无相生 难易相成 长短相形 高下相倾 音声相和 前後相随

是以圣人处无为之事 行不言之教

万物作焉而不辞 生而不有 为而不恃 功成而弗居

夫唯弗居 是以不去

Sikap kita sudah mendua dalam menilai segala sesuatu dan tidak bisa bersikap obyektif dalam menilai karena konsep dualisme yang melekat kepada diri kita. Tapi tanpa adanya dualisme tentunya kita tidak akan bisa exist di dunia ini karena memang kenyataannya kita hidup dalam alam dualisme jadi kenyataan itu harus dihadapi bukan dihindari. Karena dualisme juga yang menghidupkan seperti Ada dan Tiada yang melahirkan alam semesta berikut isinya.

Dengan memahami adanya dualisme tentunya kita harus bersikap bijak dalam bertindak itu. Karena itulah para orang suci atau bijak selalu bertindak WuWei atau tanpa pamrih yang melibatkan egonya atau membesarkan egonya, tindakan yang dilakukan adalah selalu tindakan spontan tanpa pernah ada pikiran yang terbersit dalam dirinya apakah tindakan itu menguntungkan dirinya atau misalnya demi nama baik atau kekayaan. Karena jika tindakan itu disertai suatu sikap YouWei atau dengan pamrih maka orang tersebut tidak dapat disebut orang suci.

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s