Si Ku Quan Shu – Ensiklopedia Klasik Terbesar Di Dunia

Xuan Tong| Si Ku Quan Shu yang dibuat atas perintah kaisar Qian Long , merupakan suatu buku yang teramat sangat banyak jumlahnya. Bahkan amat banyaknya sehingga dapat dikatakan kalau orang sejak lahir dan setiap hari membaca 3000 kata-kata Wen Yan Wen selama 10 jam sehari walau sampai umur 80 tahunpun belum selesai membacanya. Berjumlah 2.229.000 halaman dan 800 juta kata. [Catatan Admin : Jumlah artikel Siku Quanshu hanya bisa dikalahkan oleh wikipedia internasional dan wikipedia chinese , proyek ensiklopedia dimasa modern yang disunting oleh seluruh masyarakat dunia. ]  Terbagi empat bagian yaitu se , jing , zhi dan ji , 4 warna , hijau , merah , biru dan abu yang melambangkan 4 musim. 3,5 kali lipat banyaknya dibandingkan YongLe DaDian. Dan dibuat sejak  tahun 1772 selama 15 tahun dan disalin atau ditulis.
Semua awalnya ada 7 set lengkap yang ditaruh di 7 tempat atau sering disebut bei si ge (utara 3 gedung) dan nan san ge(selatan 3 gedung), atau yang disebut Wen Yan Ge (di istana), Wen Yan Ge ( Yuan Ming Yen),Wen Jin Ge (Cheng De), Wen Hui Ge (Yang Zhou), Wen Zhong Ge (Zhen Jiang), Wen Lan Ge (Hang Zhou).

Semua orang boleh melihat dan menyalinnya. Selain itu master asli yang disimpan di Han Lin Yuan. Pada saat penyerbuan dan penjarahan yang dilakukan oleh tentara Prancis dan Inggris ke Yuan Ming Yan , buku-buku tersebut dibakar, dicuri serta dirusak oleh para penyerbu. Juga ketika perang TaiPing berkobar , tentara TaiPing menghancurkan buku-buku yang ada di Yang Zhou dan Zhen Jiang. Untungnya pada masa kacau tersebut ada 2 kakak adik yang bernama Ding Bing dan Ding Shen berusaha menyelamatkan buku-buku tersebut dan berhasil menyelamatkan 8000 buku.

Pada masa penyerbuan 8 negara , buku-buku yang berada di Han Lin Yuan juga hancur dibakar oleh mereka. Dan berdasarkan kejadian-kejadian diatas , maka pemerintah PRC pada tahun 1965 menyimpan satu set lengkap di bunker bawah tanah di daerah Gan Su.

Sampai sekarang ini yang ada lengkap adalah di Taiwan , yang diboyong dari Wen Yan Ge(istana) ketika pemerintahan GuoMinDang jatuh. Wen Jin GE sekarang ada di perpustakaan Beijing serta Wen Su Ge di Gan Su. Sisanya tidak lengkap lagi dan sekarang ini sudah lengkap.

Yang sebagian ada di Han Lin Yuan sekarang ini ada di perpustakaan Inggris dan Perancis serta negara-negara lain yang menjarah BeiJing. Misalnya pada pertemuan di Taiwan pada tahun 1998 yang bertujuan membahas masalah Si Ku Quan Su , ada yang mengatakan bahwa di Jepang ada orang yang memiliki 20 buku yang berasal dari Si Ku itu.

Zhang Yuan Ji adalah orang yang pada awal abad 20 berjuang untuk mengcopy Si Ku , dimana ia pada akhirnya berhasil mengcopy 232 macam dan 1960 jilid bagian dari Si Ku itu sebanyak 1500 buah. Dan kadang kisahnya itu bisa disamakan dengan perjuangan Xuan Zhang mengambil kitab Buddhism ke India.

Dibalik keberhasilan Qian Long membuat Si Ku juga ada kisah-kisah sedih menimpa para pejabat sipil yang bertugas menyalin atau mengorganisir pembuatannya. Seperti Lu Fei Se , yang karena kesalahan penyalinan dihukum untuk membayar semua biaya pembuatan rak serta tempat penyimpanan buku Si Ku di Nan San Ge. Chen Xi Xiong dihukum untuk membiayai penyalinan buku di Wen Su Ge ( Shen Yang).

Baca lebih jauh di link berikut : http://web.budaya-tionghoa.net/the-history-of-china/the-history-of-qing-dynasty/628-si-ku-quan-shu-ensiklopedia-klasik-terbesar-di-dunia

TAUTAN INTERNAL :

  1. http://blog.budaya-tionghoa.net/xuantong/
  2. http://web.budaya-tionghoa.net/the-history-of-china/the-history-of-qing-dynasty/628-si-ku-quan-shu-ensiklopedia-klasik-terbesar-di-dunia

2 thoughts on “Si Ku Quan Shu – Ensiklopedia Klasik Terbesar Di Dunia

  1. Pingback: » Siku Quanshu – Ensiklopedia Klasik Terbesar Xuan Tong

  2. Pingback: Siku Quanshu – Ensiklopedia Klasik Terbesar | Kolom Budaya Tionghua

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s