Ziran Wuwei , Rouro Buzheng dan 三寶 (Tiga Mustika) Menurut Dao De Jing

Budaya-Tionghoa.Net | Xuanxue, bukan falsafah mistik tapi lebih cocok disebut metaphysic. Tapi Taoisme sering menggunakan istilah Xuan sebagai kata pengganti Tao. Mengenai pengenalan Taoism falsafahnya dan 3 pusaka, saya salin dari naskah yang sedang disusun. Ciri khas agama Dao berdasarkan Daode Jing yang kemudian mendasari semua filsafat agama Dao adalah ziran wuwei , rouro buzheng dan tiga pusaka

Ziran Secara harafiah diartikan adalah alam atau hal yang bersifat alami. Laozi menggunakan istilah ziran untuk mendeskripsikan yang disebut Dao dan De. Seperti yang kita ketahui bahwa Dao dan De merupakan dasar dari keyakinan agama Dao.

Wuwei , pengertian wuwei sering menimbulkan kerancuan bahkan seringkali diartikan non intervensi atau sikap yang pasif. Dalam beberapa hal memang bisa diartikan demikian tapi dalam beberapa hal harus diartikan sebagai sikap yang tidak egois, tidak mementingkan diri sendiri.

Arti rouruo adalah lemah lembut, sifat lemah lembut ini mengalahkan yang keras. Sedangkan buzheng adalah sikap yang bisa kita sebut tidak berebut atau berkelahi. Laozi beranggapan bahwa manusia bisa timbul peperangan, permusuhan karena manusia selalu mau menjadi nomor satu , kesombongan dan sikap egois.

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s