Sejarah Demografi Tiongkok Dan Populasi Dunia

Bayi perempuan yang terlahir di Filipina , Danica Camacho menjadi milestone dunia sebagai bayi yang ketujuh milyar pada tanggal 31 Oktober 2011 menurut United Nations Population Fund [UNPF]. Bagi planet bumi kehadiran bayi ini adalah tantangan bagi kesenjangan antara si kaya dan si miskin yang tampaknya tidak akan berubah selama ribuan tahun , juga kesenjangan antara masyarakat yang cenderung “lekas mati” [negara dimana rakyatnya memiliki usia harapan hidup yang rendah] dan masyarakat dinegara yang “panjang umur”. Kesenjangan lain dimana sebagian masyarakat dunia mengalami kelangkaan air bersih , bahan makanan pokok berbanding terbalik dengan yang serba berkelimpahan.

SEJARAH DEMOGRAFI TIONGKOK

Menurut perhitungan tradisional dan [kemudian[ berbagai sensus penduduk [Chen  Zhucai  , 1985]. Populasi rakyat Tiongkok pada jaman Dinasti Xia [2070-1060SM] sudah mencapai sekitar 13.5 juta. Populasi relatif tetap pada masa Dinasti Shang dan Dinasti Zhou (abad 11 SM) . Dimasa Negara Berperang , Warring States [475-221SM], populasi penduduk mencapai 40 juta jiwa , dengan kondisi  perang berkepanjangan yang merenggut jutaan jiwa rakyatnya.

Pada masa Dinasti Han , tahun 2 Masehi , populasi bangsa Tiongkok sudah mencapai 60 juta jiwa [setara dengan estimasi populasi penduduk di wilayah Kekaisaran Romawi] atau sekitar seperempat populasi dunia pada saat itu.  Memasuki masa Tiga Negara , Samkok , Sanguo [221-280 M], populasi penduduk menyusut drastis menjadi 7.7 juta jiwa. Penyebabnya adalah perang kolosal berkelanjutan diantara para warlord selama puluhan tahun. Continue Reading

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s