Indeks Keramaian Dan Ledakan Wisatawan Di Bulan Mei Di Tiongkok

Budaya-Tionghoa.Net | Tiongkok sebagai negara dengan berpenduduk paling besar menghadapi konsekuensi ledakan penumpang dan pengunjung saat tibanya hari libur seperti dibulan Mei ini . Dimana sebagian masyarakat membutuhkan rekreasi dan transportasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya dan skalanya bisa mencapai puluhan juta  yang tersebar diseluruh negara itu.

Beijing yang menjadi tujuan wisata terbesar ketiga di Tiongkok meluncurkan layanan update online mengenai indeks keramaian berbagai tempat pariwisata di hari Minggu. Hari dimana sarana transportasi penuh sesak oleh penumpang. Indeks tersebut diluncurkan disitus bjta.gov.cn di hari Minggu mencakup enam tempat tujuan wisata utama di Beijing termasuk The Palace Museum , Summer Palace , Badailing Section of The Great Wall.

Indeks keramaian ini dibuat dengan sistem lima level dimana level lima menunjukkan puncak keramaian. Museum Istana atau The Palace Museum mendapat paling banyak pengunjung dibandingkan lokasi lainnya dengan 10 ribu pengunjung , yang artinya meningkat 26 persen di hari yang sama dari tahun lalu. Keramaian di Museum Istana ditunjukkan dengan level empat.

Seorang pengunjung , seperti yang dikutip dari  China Daily berkata “Ada begitu banyak orang di Museum Istana dan kami hanya dapat bergerak perlahan-lahan , langkah demi langkah” kata Joaquin Couchot , seorang pemuda berusia 18 tahun . Couchot pelajar dari Chili yang ikut program pertukaran pelajar dan datang bersama empat orang temannya untuk pertama kali.

Sebagian besar wisatawan belum banyak mendengar soal indeks ini . Seperti Liu Jing yang mengunjungi Summer Palace bersama teman-temannya pada hari Minggu tetapi mengalami antrian yang panjang. Menurut Liu kepada China Daily , indeks ini tidak mungkin menghalangi turis untuk mengunjungi tempat wisata yang ramai “Pengunjung datang kesini dengan kesadaran akan kerumunan besar , mereka tidak mungkin membuang kesempatan untuk berkunjung ke tempat favorit dan mungkin tidak punya kesempatan untuk berkunjung dilain waktu. Jadi tidak ada pilihan lain untuk tetap mengunjungi tempat favorit walau sadar akan menghadapi keramaian orang ”

Beijing menempati peringkat ketiga dalam daftar 10 besar tujuan wisata di Tiongkok dalam liburan tiga hari di bulan Mei menurut laporan yang dikeluarkan oleh China Tourism Academy dan ctrip.com , sebuah situs informasi travel.

Kawasan favorit lain di Tiongkok yang paling ramai berdasarkan pemesanan hotel dan penerbangan , pencarian di web dan survei online — menyebutkan bahwa Sanya di provinsi Hainan dan Xiamen di provinsi Fujian menjadi daerah paling menarik untuk dikunjungi wisatawan. Selain itu Shanghai , Hangzhou – Zhejiang dan Jiuzhaigou-Sichuan juga berada di 10 besar.

Kereta api juga menampung 8.2 juta penumpang di hari Minggu menurut Xinhua . Shanghai mendapat penumpang kereta api paling banyak daripada tempat lain dengan 1.55 juta penumpang yang berarti sekitar 18 persen dari seluruh penumpang pada hari itu. Departemen Perhubungan memperkirakan bahwa jaringan kereta api akan membawa total 31 juta penumpang selama liburan yang berarti 2.5 juta lebih banyak daripada tahun kemarin.

Sumber : China Daily, Xinhua , People Daily

Budaya-Tionghoa.NetFacebook Group Tionghoa Bersatu