Marcello Lippi Melatih Guangzhou Evergrande

Budaya-Tionghoa.Net | Klub Guangzhou Evergrande mengumumkan Marcello Lippi sebagai pelatih baru. Lippi adalah manajer terkemuka asal Italia yang pernah mengantarkan klub asuhannya , Juventus ,  menjadi langganan juara dan juga mengantarkan Italia sebagai juara dunia di tahun 2006.

Lippi seperti yang dikutip dari Wall Street Journal mengatakan bahwa kedatangannya ke Tiongkok merupakan sesuatu yang penting di Tiongkok. Dia akan memulai pekerjaannya sebagaimana dia melatih Juventus dan Inter Milan. Hal terpenting adalah membawa gaya sepakbola Italia ke Tiongkok.

Guangzhou Evergrande dimiliki oleh Xu Jiayin , chairman dari Evergrande Real Estate Group Ltd. yang telah mengeluarkan biaya besar selama dua tahun terakhir ini termasuk menggaet kapten nasional Tiongkok Zheng Zhi dan juga pemain asing seperti Cleo dari Brazil dan Dario Conca dari Argentina. Conca sendiri menerima 10.4 juta USD pertahun , penghasilan yang sangat besar kalau menurut ukuran liga Asia bahkan jika dibandingkan Eropa sekalipun.

Selain Lippi , bintang internasional yang mulai merumput di Tiongkok adalah Nicholas Anelka di klub Shanghai Shenhua.

Sumber :
Paul Mozur dan Isabella Steger ,”Getting Lippi : Chinese Soccer Side Brings in Legendary Manager” — Wall Street Journal , 17 Mei 2012

TB , 17 Mei 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghua Bersatu