Tiongkok Menekan Korea Utara Untuk Membatalkan Uji Coba Nuklir

Budaya-Tionghoa.Net | Tiongkok secara diam dan berhati-hati terus menekan Korea Utara untuk membatalkan ujicoba nuklir ketiga , menurut dua sumber yang mengetahui soal diskusi tertutup antara kedua negara. Tetapi belum ada indikasi bagaimana reaksi Korea Utara.

Jika Korea Utara terus bersikeras dengan tes nuklir tersebut , Tiongkok akan mempertimbangkan langkah-langkah balasan tetapi tidak substantive, menurut sumber yang memiliki hubungan dengan Beijing dan Pyongyang kepada Reuters.

Korea Utara hampir menyelesaikan persiapan untuk test nuklir (Reuters) , yang akan menjerumuskan negara miskin itu kedalam isolasi setelah gagalnya peluncuran roket yang menurut pihak AS adalah uji coba rudal balistik.

Tiongkok keberatan dengan uji coba nuklir didekat gunung Changbai dan mengkhawatirkan kebocoran radisasi dan rusaknya lingkungan dari efek ledakan seperti yang terjadi pada ujicoba serupa di tahun 2006 dan 2009 yang menyebabkan kerusakan lingkungan di perbatasan Tiongkok. Kawasan Changbai dipercaya tempat lahirnya leluhur Nurhaci dan klan Aisin Gioro , merupakan pegunungan di perbatasan Korea Utara dengan Tiongkok

Ujicoba ketiga Korut ini mengancam kawasan timur laut Tiongkok. Beijing mempertimbangkan apakah aksi diplomatic bisa efektif , atau terbatas pada langkah2 ekonomi . Walau demikian bantuan penting dari Tiongkok ke Korut untuk bahan makanan tetap mengalir.

Jin Canrong dari Universitas Renmin , Beijing , seperti yang dikutip dari New York Times , mengatakan bahwa Tiongkok dapat menggunakan isu ekonomi untuk mempengaruhi tetangganya. Jika negosiasi tertutup gagal maka bantuan ekonomi akan dipotong.  Ekspor Tiongkok ke Korea Utara naik 20.8 persen selama 2009-2010.   Tiongkok juga menghindari langkah diplomatik serius seperti menarik duta besarnya.

Pengalaman menunjukkan bahwa sanksi memiliki pengaruh yang kecil terhadap pengambil keputusan di Korea Utara. Hillary Clinton yang sedang berada di Beijing mengatakan bahwa AS berkeinginan untuk berkerjasama dengan Korea Utara jika Pyongyang mau merubah pandangannya.

Test nuklir ketiga ini juga menjadi ujian bagi Kim Jong Un sebagai generasi ketiga dari keluarga Kim yang berkuasa mulai dari Kim Il Sung dan dilanjutkan oleh Kim Jong Il. Kim Jong Il wafat pada bulan Desember 2011 setelah 17 tahun memerintah dengan mis-manajemen yang mengakibatkan bencana kelaparan dan satu juta rakyat tewas karenanya di dekade 90an.

Kim Il Sung sebelumnya sempat berjuang di kawasan Manchuria-Russia  menghadapi Jepang. Dan Tiongkok dalam sejarahnya telah berulang kali membantu Korea seperti dalam masa pemerintahan Wanli (Ming) menghadapi Toyotomi Hideyoshi (Jepang) . Di masa Dinasti Qing , Korea berkaitan dengan Sino-Japanese War I . Di masa Republik , RRT terlibat dalam perang Korea menghadapi PBB (Amerika Serikat).

Sumber :

Reuters, New York Times , ” China Pushes North Korea to Drop Nuclear Test Plan” , 17 Mei 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu