Pentagon Mengatakan Militer Tiongkok Semakin Kuat

Budaya-Tionghoa.Net | Sebuah laporan baru Pentagon mengatakan bahwa Tiongkok terus membangun militernya dan memperluas kemampuan untuk beroperasi jauh dari garis pantainya.

Dalam laporan tahunannya kepada Kongres , Departemen Pertahanan AS mengatakan anggaran militer Tiongkok terus tumbuh sebagaimana Beijing memodernisasi militernya untuk bisa melaksakan apa yang disebut Beijing sebagai “new historic missions” , yang mencakup beberapa tempat yang jauh dari pantainya.

David Helvey , seorang asisten mentri pertahanan untuk keamanan Asia Timur , seperti yang dikutip dari  VOA News , mengatakan bahwa Tiongkok berinvestasi dalam senjata baru yang lebih baik , sistem pertahanan rudal , kapal selam , kapal induk dan pengembangan jet tempur siluman.

“Modernisasi militer ini secara penuh didukung oleh kenaikan yang pesat dalam sumber daya pertahanan. Pada tanggal 4 Maret , Beijing mengumumkan kenaikan 11.2% anggaran militernya ” kata Helvey. Sementara pejabat pertahanan AS memperkirakan anggaran militer yang tidak dipublikasikan sebesar 180 miliar USD tahun lalu.

Departemen Pertahanan AS melaporkan bahwa Tiongkok menggunakan teknologi dari pesawat dan peralatan lain yang dibeli dari Barat kemudian dikembangkan kapabilitas militernya.

Laporan itu juga mengatakan bahwa fokus militer Tiongkok untuk saat ini adalah Taiwan. Selain itu juga menunjukkan operasi seperti evakuasi warga Tiongkok dari Libia , upaya kontra-pembajakan di Teluk Aden dan misi kemanusiaan di Amerika Latin sebagai indikator ambisi militer Tiongkok untuk sasaran yang lebih jauh.

Thomas Hammes , seorang pensiunan kolonel Marinir yang menulis topik perang di masa depan , mengatakan bahwa pemerintah Obama yang mengalihkan fokusnya ke kawasan Asia Pasifik sebagai langkah positif. Hammes , mengatakan bahwa apa yang luput sekarang adalah strategi untuk menghadapi ancaman potensial dari Tiongkok.

Para analis mengatakan indikasi bahwa Tiongkok akan menghindari konflik dalam waktu dekat. Laporan Pentagon menyebutkan langkah Beijing untuk meredakan hubungannya yang bermasalah dengan Jepang dan kawasan Asia Tenggara dimana Tiongkok sedang terlibat dalam sengketa wilayah.

REFERENSI :

Ramirez , Luiz (18 Mei 2012) , ” Pentagon Says China’s Military Getting Stronger” , Voice of America

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa