Instruksi AS terhadap Confucius Institutes Dapat Mengganggu Persahabatan AS-Tiongkok

Budaya-Tionghoa.Net | Seorang pejabat kantor pusat Confucius Institute mengatakan bahwa instruksi pemerintah Amerika Serikat agar guru-guru di Confucius Institute di kampus-kampus Amerika untuk pergi — dapat mengganggu hubungan Sino-America.

Para guru Tionghua dikirim oleh kantor pusat Confucius Institute secara cermat dan dilatih oleh kedua belah pihak dalam rangka membantu siswa Amerika baik tingkat dasar dan menengah dalam mempelajari bahasa Mandarin dan budaya Tionghua , kata pejabat itu seperti yang dikutip dari Xinhua.

Instruksi dikirim oleh departemen di AS pada tanggal 17 Mei kepada beberapa universitas yang mensponsori Confucius Institute yang menyatakan bahwa setiap akademisi yang mengajar di tingkat dasar dan menengah , melanggar ketentuan visa dan harus pergi menjelang akhir masa pelajaran di bulan Juni ini.

Setelah tinjauan awal , departemen luar negri telah menetapkan bahwa institute harus memperoleh akreditasi Amerika sebagai prasyarat para akademisi dan professor asing untuk mengajar di Amerika.

Sebuah laporan oleh US Chronicle of Higher Education mengatakan bahwa tidak jelas apa yang mendorong pihak departemen untuk mengeluarkan kebijakan terhadap pihak Confucius Institute yang telah hadir di Amerika sejak dekade yang lalu. Laporan ini menyatakan bahwa jika kegiatan mengajar berbasis institute ini dibatasi , dapat berdampak pada hubungan Sino-America.

Confucius Institute adalah lembaga nirlaba yang didirikan oleh Confucius Institute Headquarters atau Hanban yang bertujuan untuk mengajarkan bahasa Mandarin dan mempromosikan pertukaran budaya di berbagai negara.

Salah satu misi lembaga ini yang terpenting adalah menyediakan studi Tionghua di berbagai negara dan kawasan dengan standarisasi , otoritatif dan teksbook modern dan kesempatan belajar yang lebih luas.

Confucius Institute telah dibuka di 350 lembaga pendidikan di 106 negara dan jumlah ruang kelas tingkat dasar dan menengah telah meningkat menjadi lebih dari 500. Dan jumlah terbesar justru berada di Amerika Serikat dengan 81 institute dan 299 ruang kelas di 48 negara bagian.

Confucius Intitute hadir di beberapa universtas di Amerika seperti Stanford , Columbia , Chicago dengan hampir 160 ribu siswa terdaftar.

Setelah instruksi departemen dikeluarkan , College of William and Mary menanggapi dengan sebuah surat yang berkata bahwa sebagai rumah Confucius Institute yang baru di negara ini dan baru dibuka sebulan yang lalu , William and Mary telah menyaksikan perubahan dramatis dan dampak positif  dari program pelajaran, riset dan komunitas sekitar bahasa Mandarin dan budaya Tionghoa.

Gaston Caperton , presiden US College Board mengatakan di bulan April bahwa Tiongkok telah memainkan peran semakin penting dalam masyarakat internasional dan karena itu rakyat Amerika Serikat perlu mengetahui mengenai perekonomian , budaya dan tradisi Tionghua.

Pertukaran budaya merupakan metode yang penting untuk membangun rasa saling percaya dan belajar bahasa Tionghoa adalah jembatan untuk mencapai tujuan tersebut. (Xinhua , 24 Mei 2012)

Mereka , pengajar Tionghua pergi ke Amerika Serikat dengan keramahan terhadap orang-orang Amerika tetapi mereka akan kembali dengan perasaan terluka , yang dapat mengganggu hubungan antara Tiongkok dan Amerika Serikat kata pejabat yang tidak mau disebutkan namanya.

Sebaliknya juru bicara departemen AS , Victoria Nuland membantah bahwa instruksi itu ditujukan kepada pihak Confucius Institute. Permasalahannya bukan kepada Confucius Institutes melainkan permasalahan visa. Nuland menjelaskan bahwa ada dua kategori J-1 Visa Pendidikan , yaitu visa untuk pengajar jenjang pendidikan dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah atas dan visa untuk scholar dan professor di tingkat universitas (Xinhua , 25 Mei 2012)

Mu Xuequan , “China says U.S. directive on Confucius Institutes “may harm friendship” , Xinhua , 24 Mei 2012

Sun Hao , ” U.S. Departement Clarifies Directive on Confucius Institutes” , Xinhua , 25 Mei 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghua Bersatu