Permasalahan Visa Confucius Institute di AS Terpecahkan

Budaya-Tionghoa.Net | Pada tanggal 17 Mei , tanpa berkonsultansi dengan pihak Tiongkok , Robin J Lerner menandantangani kebijakan mengenai visa dan dikirimkan ke berbagai universitas yang mensponsori Confucius Institute .
Dokumen itu menyatakan bahwa setiap member fakultas , yang melalui program pertukaran J-1 , mengajar siswa sekolah dasar dan menengah , melanggar aturan visa dan harus kembali ke Tiongkok pada tanggal 30 Juni untuk mengajukan permohonan kembali untuk program yang sesuai.

Jika jadi disahkan , sedikitnya 51 guru asal Tiongkok akan dipaksa untuk meninggalkan Amerika Serikat. Sekitar 600 orang saat ini masih berkerja di Amerika Serikat , menurut Markas Besar Confucius Institute atau Hanban.

Instruksi sebelumnya juga menuntut agar pihak institute mendapatkan akreditasi Amerika Serikat agar dapat menerima sarjana dan professor asing agar dapat mengajar. Ini adalah pertama kalinya terjadi sejak organisasi nirlaba ini mulai beroperasi sejak tahun 2005.

Selama dua hari sesudahnya , panggilan telepon dan email membanjiri pihak departemen AS dan kedubes Tiongkok yang berisikan pertanyaan-pertanyaan terkait.

Pada tanggal 20 Mei , kepala Hanban , Xu Lin menulis surat kepada partner-partner universitas di Amerika Serikat dan berkata bahwa dia berharap proyek ini tidak akan terpengaruh dan dihentikan karena instruksi ini.

The Chronicle of Higher Education , sebuah kantor berita yang berbasis di Washington yang pertama mengangkat berita ini dan mengatakan bahwa kegiatan mengajar yang dibatasi aturan baru akan berdampak kepada hubungan Tiongkok dan Amerika Serikat.

Karena polemik yang terjadi , Fang Mao Tian dan dua koleganya memutuskan untuk mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi . Sebaliknya , Lerner juga membawa seluruh tim untuk bertemu dengan para pejabat Tiongkok.

Fang Mao Tian dkk memasuki ruang pertemuan di Departemen pada tanggal 24 Mei , dan dia sempat terkejut dengan jumlah tim Lerner yang dia hadapi sejumlah dua lusin personil.

Melalui pembicaraan yang terbuka antara kedua belah pihak , permasalahan terselesaikan dan pihak pejabat Amerika Serikat mengakui kesalahan mereka dalam penyusunan dokumen ini.

Dalam waktu 24 jam semenjak pertemuan ini , revisi kebijakan akan dikirimkan pada tanggal 25 Mei . Tidak ada guru dari Tiongkok yang dipaksa meninggalkan Amerika Serikat dan tidak dibutuhkan akreditasi bagi pihak Institute

Sumber :
Tian Yingzi  , “Confucius visas resolved for Chinese educators” , China Daily , 1 Juni 2012

 

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghua Bersatu