Gary Cao Ge , Penyanyi Malaysia Menembus Mainland

Budaya-Tionghoa.Net | Penyanyi Malaysia , Gary Chaw Pak Haw  , yang berbasis di Taiwan merilis album terbarunya di Beijing yang berjudul “Sensation”. Bersama dengan musisi jazz dari Argentina dan Brazil , penyanyi yang juga penulis lagu ini sedang memasuki pasar di Tiongkok dengan menandatangani sebuah kontrak dengan sebuah perusahaan rekaman. (China Daily , 6 Juni 2012).

Gary Chaw atau Gary Cao Ge dilahirkan pada 9 Juli 1979 di kota Belud , Sabah , Malaysia. Di tahun 2002 , Chaw meninggalkan Malaysia untuk pergi ke Taiwan dengan harapan dapat bergabung di industri musik di Taiwan, bermodalkan tiket pesawat one-way dan hanya membawa 1600 Ringgit Malaysia.

Perjuangan keras Chaw setibanya di Taiwan karena mengalami kegagalan demi kegagalan di setiap perusahaan rekaman yang dia coba masuki. Dia mendapat berbagai kritikan dan dinilai kurang berbakat. Setelah berbagai kegagalan ini Chaw sempat menjadi insomnia dan alkoholik , pengangguran , kehilangan kepercayaan diri dan menderita depresi.

Jalannya terbuka ketika dia pergi ke Shilin Night Market dan bertemu dengan seekor kucing yang berkeliaran dijalan. Chaw membawa pulang kucing tersebut , merawatnya dan menamainya Lin Lin . Kucing itulah yang memberi inspirasi untuk menulis lagu “The World’s Only You” . Sejak itu karir Chaw berubah drastis dan setelah berjuang keras selama tiga tahun , Chaw menandatangani kontrak dengan Rock Records.

Sejauh ini Chaw sudah menelurkan delapan album dan memenangkan Golden Melody Awards ketika dia memulai karirnya di Taiwan . Chaw dikenal dengan aksi panggungnya , rentang vokal yang lebar dan kaya , serta mengaransemen lagu bagi dirinya sendiri dan penyanyi lainnya.

Budaya Tionghoa , 7 Juni 2012

SUMBER :
——————, ” Gary Chaw enters mainland market , China Daily  , 6 Juni 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa