Tembok Besar Tiongkok Ternyata Jauh Lebih Panjang

Budaya-Tionghoa.Net | Tembok Besar Tiongkok secara resmi dinyatakan lebih panjang dari sebelumnya. Pengukuran panjang tembok adalah sepanjang 21.196 kilometer atau 13.170 mil berdasarkan survey negara terakhir menurut laporan Xinhua.

Studi pendahuluan dirilis tahun 2009 mengestimasi bahwa panjang tembok adalah 8.850 kilometer. Tembok Besar Tiongkok adalah struktur terbesar buatan manusia yang dibangun untuk melindungi perbatasan utara Tiongkok.

The State Administration of Cultural Heritage merilis hasilnya berdasarkan penelitian arkeologi yang sudah dilakukan sejak tahun 2007. Estimasi sebelumnya mengenai panjang tembok sebelumnya yang ada berdasarkan catatan sejarah.

Tong Ming Kang , wakil ketua , seperti yang dikutip BBC dari Xinhua , mengatakan bahwa penelitian melibatkan sekitar 43.721 situs peninggalan termasuk juga Tembok Besar.

Seperti diketahui sebelumnya , Tembok Besar adalah rangkaian tembok yang pengerjaannya sudah dimulai sebelum masa dinasti Qin , atau dimasa dinasti Zhou sekitar 500 SM . Tembok-tembok ini ada di negara-negara berperang yang terletak di kawasan utara dan akhirnya  dihubungkan pertama kali dimasa dinasti Qin dibawah pemerintahan Qin Shi Huang sekitar tahun 220 SM.

Dari total tembok hanya 8.2% tembok orisinil yang masih utuh , sementara sisanya berada dalam kondisi buruk. Tembok Besar juga masuk dalam daftar UNESCO World Heritage sejak tahun 1987.

Budaya Tionghoa , 7 Juni 2012

SUMBER :
——————, “China’s Great Wall is ‘longer than previously thought'” , BBC , 6 Juni 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Budaya Tionghoa