Apple Merencanakan Untuk Menambah Fitur Baidu Dalam Produk iPhone

Budaya-Tionghoa.Net | Apple Inc merencanakan untuk menambai fitur pencari Baidu Inc , mesin pencari terbesar di Tiongkok , untuk iPhone yang dijual di negara tersebut.

Kesepakatan untuk menambah fitur Baidu sebagai web tools dalam produk iPhone akan diumumkan di minggu berikutnya menurut Bloombert , mengutip dari dua sumber. Yu Guofeng , general manager Baidu , tidak dapat memberikan detail lebih jauh tentang isu ini , ketika didekati oleh China Daily. Dalam sebuah laporan di Sohu.com akhir bulan lalu , Yue berkata bahwa Baidu akan menjadi pre-installed dalam browser Safari di iPhone , tetapi itu tergantung kapan kontrak antara Apple dan Google berakhir.

Para analis mengatakan bahwa langkah ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengguna iPhone di Tiongkok . Apple memulai untuk menyediakan servis lokal di Tiongkok sebagai usaha untuk meningkatkan pemasaran di negara dengan populasi terbesar didunia.

Hal ini dimulai dengan menerima pembayaran dalam yuan di pasar online tahun kemaren , dimana sebelumnya pengguna membayar dalam kartu kredit berbasis dollar. Kompetisi antara Apple dan Google akan memicu untuk berkurangnya layanan Google dalam produk-produk Apple menurut Hong , seorang analis IT. Dan kesepakatan ini akan menguntungkan Baidu secara Baidu masih jauh dari posisi dominan dalam mesin pencari versi mobile. Survey menyebutkan bahwa Baidu menguasai 35 persen total mesin pencari mobile tahun lalu , disusul oleh Easou.com dengan peraihan 21 persen dan Tencent dengan peraihan 20%.

Baidu masih mendominasi untuk mesin pencari non-mobile di kuarter pertama 2012 . Peraihan pasar dari mesin pencari di Tiongkok dikuasai Baidu sebesar 78.5% yang jauh dari peraihan Google China sebesar 16.6%. Hal ini sesuai dengan sebuah rencana oleh Tim Cook , CEO Apple , untuk meraih kesempatan di pasar terbesar mobile-phone. Juga memberi alternatif kepada pengguna dimana Google berkompetisi dengan Apple dibidang mobile software dan advertising.

Pertumbuhan pesat kelas menengah di Tiongkok membuat daya beli masyarakat menguat terhadap produk-produk smartphone. Tiongkok sejauh ini menyumbang 20% penjualan Apple di kuarter terakhir dan Tim Cook mengatakan ada lebih banyak lagi kesempatan jika pihak Apple meluncurkan produk baru dan distribusi yang baru bagi iPhone. Penjualan Apple di Tiongkok meningkat tiga kali lipat di Tiongkok dalam kuarter terakhir dan menjadikan Tiongkok sebagai pasar terbesar Apple di luar Amerika Serikat. Apple juga akan meluncurkan aplikasi terbaru untuk menggangikan Google Map.

Baidu yang dipimpin oleh Robin Li , diuntungkan dengan keputusan Google di tahun 2010 yang tidak lagi patuh terhadap peraturan di Tiongkok mengenai self-censor web content. Pasar Google jatuh setelah menutup layanan Google.cn dan mulai mengalihkan pengguna Tionghua ke situs Google di Hong Kong.

Tionghoa Bersatu

Sumber :

Chen Limin & Tuo Yanna, Apple ‘to add Baidu service’ to iPhones , China Daily , 8 Juni 2012
Adam Santario & Mark Lee , Apple said to add Baidu as iPhone search engine in China , Bloomberg , 7 Juni 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu