Cara Tiongkok Membangun Gedung Tertinggi di Dunia Dalam Sembilan Bulan

Budaya-Tionghoa.Net| Bagaimana cara membangun gedung tertinggi didunia dalam waktu hanya sembilan bulan saja seperti halnya masa seorang ibu yang sedang mengandung anaknya ? Sementara gedung tertinggi didunia saat ini adalah The Burj Khalifa di Dubai dengan penyelesaian selama enam tahun.

Sebuah perusahaan berbasis di Changsha , Broad Group , akan membangun gedung pencakar langit di kota Changsha , provinsi Hunan yang direncanakan akan mencapai tinggi 838 meter. Ini berarti 10 meter lebih tinggi daripada Burj Khalifa Dubai.

Broad Group dari semula produsen AC menjadi terkenal didunia di tahun 2010 setelah sebuah video tampil onlone yang menunjukkan kru-nya mengkonstruksi sebuah hotel berlantai 15 dalam enam hari.   Kurang dari dua tahun berikutnya , perusahaan ini kembali mengejutkan dalam video berikutnya yang mendokumentasikan konstruksi sebuah hotel berlantai 30 dalam 15 hari.

Rahasia kecepatan Broad Group adalah pre-fabrikasi. Lantai , plafon , ventilasi untuk setiap bangunan di konstruksi terlebih dahulu di pabrik dan kemudian diantarkan ke lokasi konstruksi. Setelahnya , segenap pekerja menggabungkan komponen bersama.

Rencana Broad Group untuk gedung tertinggi didunia menggunakan pendekatan yang sama , dimana proyek berdasarkan rancangan Dubai dan 95% pekerjaan engineering akan dilakukan di pabrik Broad.

Setelah komponen-komponen dibangun , pihak Broad dapat memasangnya dengan laju lima lantai dalam sehari. Dan jika rencana ini lancar , Sky City –nama proyek ini – terdiri dari 220 lantai , satu juta meter persegi area lantai 104 elevator ditambah fasilitas sekolah , kantor , pertokoan dan restoran. Bangunan ini akan melahap 200 ribu ton baja.

Mengenai pertanyaan keamanan dari gedung pencakar langit yang dibangun dalam tempo singkat , seorang staff Broad , Zhu Lingfang , mengatakan bahwa keamanan dari rancangan ini sebagai respon terhadap gempa Sichuan 2008.

Menurut Zhu , proyek Sky City akan di konstruksi dengan cara yang sama dengan hotel 15 lantai sebelumnya. Gedung pencakar langit ini diharapkan dapat bertahan dengan gempa bumi skala 9.0 Richter. Sepertinya hotel yang telah dibangun , proses evakuasi dalam keadaan darurat bisa dilakukan dalam 15 menit.

Menurut Wall Street Journal , proyek ini dimulai di bulan April dan dijadwalkan akan selesai pada bulan Januari tahun berikutnya. Akan tetapi proyek ini sedang menunggul persetujuan akhir dari pemerintah.

Sumber :
Ester Fung , Build the World’s Tallest Building in Nine Months? Sure, Why Not? , Wall Street Journal,  15 Juni 2012
Craig MacKenzie , ” They’re now a super-fast power : How the Chinese built 30 storey hotel from scratch in just 15 Days” , Daily Mail , 9 Januari 2012

 

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu