Blogger Tiongkok Yang Mencemooh Bo Xilai Memenangkan Kasus Pengadilan

Budaya-Tionghoa.Net | Seorang blogger dijatuhi hukuman selama setahun di kamp kerja — mengatakan bahwa pengadilan telah membersihkan namanya pada hari Jumat (29/6).

Fang yang mantan pensiunan Pegawai Negri Sipil ini di tahan setelah memposting puisi singkat yang mengejek Bo Xilai. Fang dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman pada bulan April 2011 yang lalu.

Fang akan berusaha mendapat kompensasi sebesar 3800 poundsterling dan permintaan maaf dari pemerintah kota. Seperti yang dikutip dari Guardian , Fang merasa sangat berbahagia secara pribadi dan untuk kota Chongqing. Ini adalah proses awal untuk memulihkan hukum di kota ini.

Seorang pegawai pengadilan Chongqing yang dihubungi via telepon menegaskan bahwa kasus Fang telah didengar dan keputusan akan diumumkan melalui media negara.

Dalam pengembangan kasus terkait , mantan kepala polisi , Wang Pengfei dan mantan komandan , Li Yang , secara resmi dicopot dari jabatan mereka menurut yang diberitakan oleh Chongqing Morning Post.

Kedua pejabat itu berada dibawah Wang Lijun , tangan kanan Bo Xilai , yang kini sedang dalam tahanan setelah membuat sebuah kunjungan ke konsulat Amerika Serikat di kota dekat Chengdu di bulan Januari. Wang diperkirakan telah mengatakan kepada Amerika tentang kasus Bo dan kematian pengusaha Inggris , Neil Heywood.

Bo Xilai disebut-sebut sebagai kandidat kuat dari sembilan kursi komite yang berkuasa ketika para pemimpin generasi baru disebut. Kejatuhan Bo menyebabkan gelombang kejutan ke tubuh partai dan masyarakat , mendorong munculnya rumor perpecahan dalam kepemimpinan dan bahkan upaya kudeta.

Sebagai politikus terkemuka di Tiongkok , Bo dibawah pemeriksaan partai dan istrinya ditetapkan sebagai tersangka dalam pembunuhan Heywood.

Fang , saat menjalani hukuman , menghabiskan waktunya untuk membuat ornamen Natal untuk di ekspor ke Eropa. Fang , bekas pegawai negri kehutanan , dikenal sebagai pengkritik tajam kebijakan Bo termasuk kasus pertempuran antar ‘gang” dan mempromosikan nyanyian publik lagu-lagu propaganda dimasa Mao Zedong.

Fang memposting dua baris mengenai Bo dan Wang ke microblog-nya pada tanggal 21 April tahun lalu — yang dengan cepat menyebar — dan membuat murka penguasa setempat. Fang dibawa ke kantor polisi dan di introgasi . Dia kemudian ditempatkan didepan pengadilan polisi dan dihukum karena fabrikasi fakta dan mengganggu ketertiban umum .

Pu Zhiqiang , satu dari tiga pengacara terkemuka di Beijing menasehati Fang bahwa kasus ini telah menginspirasi permohonan baru kepada badan legislatif Tiongkok agar menyingkirkan sistem kamp kerja yang seharusnya untuk menghukum kriminal kelas teri , tetapi pada pelaksanaanya sering digunakan untuk membungkam suara-suara politik.

Sumber : (guardian.co.uk)

Budaya-Tionghoa.Net |  Facebook Group Tionghoa Bersatu