Situs Fosil Yunnan Masuk Daftar Elit

Budaya-Tionghoa.Net | Sebuah kawasan di Baratdaya Tiongkok  terkandung fosil berasal dari 530 juta tahun yang lalu dan termasuk dalam World Heritage List. Situs Fossil Chengjiang merupakan satu diantara 36 situs yang dipertimbangkan untuk masuk list komite World Heritage UNESCO dalam pertemuan yang berlangsung dari 24 Juni sampai 4 Juli di Saint Petersburg , Russia.

Pada tanggal 1 Juli , 1984 , para peneliti menemukan fosil naraoia , mahluk laut yang hidup dari masa 530 juta tahun yang lalu di Yuxi . Di tahun 1997 , pemerintahan provinsi membuat 1800 hektar situs pelestarian dan Perdana Mentri Wen Jiabao mengeluarkan instruksi di tahun 2004 untuk melindungi situs tersebut.

Situs Chengjiang paling terkonsentrasi , paling awet dan bukti keragaman bio ledakan Cambrian yang merujuk pada kemunculan yang relatif cepat berbagai kategori mahluk disekitar 530 juta tahun yang lalu. Sebelum tahun 2004 , area Chengjiang menjadi basis fosfor utama dengan 76 juta metrik ton bijih fosfor. Tetapi pemerintah segera menutup 14 situs tambang dalam satu minggu saja.

Menurut laporan dari yunnan.cn , berbagai fosil binatang dari Chengjiang diselundupkan ke luar Tiongkok selama 20 tahun terakhir dan dalam satu kasus sebuah fosil naraoia bernilai 11 ribu Euro atau 13.9 ribu USD di internet. Sekarang situs Chengjiang menjadi Situs Warisan Dunia pertama bagi Tiongkok untuk fosil , dan berpengaruh signifikan terhadap perlindungan seluruh fosil diseluruh situs Tiongkok.

Fosil memiliki nilai ilmu . Dengan bantuan dari Unesco , kerjasama lintas batas dalam riset ilmiah terhadap fosil Chengjiang dapat meningkat. Kerjasama yang baik pada gilirannya akan menguntungkan situs fosil lainnya. Tiongkok memperoleh sekitar 5000 fosil yang kembali dari Australia , Amerika Serikat , Kanada dan Italia diantara tahun 2008 sampai 2010 menurut pihak kementrian.

Sumber : Cheng Yingqi dan Guo Anfei , China Daily , 2 Juli 2012
[Foto Courtesy : www.news.cn , “Para arkeolog membersihkan fosil trilobita di Chengjiang , 1 Juli 2012”]

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu