Politik Panda Mewarnai Kasus Sengketa Diaoyu

Budaya-Tionghoa.Net | Ketika seekor panda raksasa hamil maka hal tersebut menjadi berita. Apalagi bagi Jepang , sebuah negara yang telah sekian dekade menanti bayi Panda. Seperti kehamilan Shin-Shin , panda raksasa di Jepang yang merupakan pinjaman dari Tiongkok.

Gubernus Shintaro Ishibara menyarankan nama untuk calon bayi yang akan lahir dengan nama Sen Sen atau Kaku Kaku , permainan kata yang berasal dari nama pulau sengketa , Senkaku dan Diaoyu. Ishihara tertawa saat menyarankan nama di akhir konferensi pers di Tokyo pada hari Kamis (28/6). Ini akan memberikan Tiongkok kontrol atas “Senkaku” ketika bayi Panda dikembalikan ke Tiongkok , kata Ishibara seperti yang dikutip dari Wall Street Journal .

Beijing membalas di hari Jumat ,”Skema Ishibara untuk merusak hubungan Sino-Japanese merupakan performan yang kikuk. Ini hanya akan menodai imaji Jepang dan Tokyo sendiri kata juru bicara Kementrian Luar Negri Tiongkok , Hong Lei. “Apapun nama yang diberikan oleh pihak Jepang , tidak akan merubah fakta bahwa dua panda itu milik Tiongkok. Seperti halnya nama Jepang yang diberikan kepada pulau Diaoyu dan pulau sekitarnya , tidak akan merubah fakta bahwa pulau-pulau tersebut adalah milik Tiongkok ,” lanjutnya.

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu