Bagaimana Bisa Pemrotes Taiwan Mengibarkan Bendera RRT Di Kepulauan Diaoyu?

Budaya-Tionghoa.Net | Pemrotes asal Taiwan dalam misi untuk memasang bendera di kepulauan Diaoyu yang sedang dipersengkatakan antara Tiongkok , Taiwan dan Jepang. Huang Xilin dan koleganya dari World Chinese Alliance in Defense of the Diaoyu Islands mendekati kepulauan tersebut , yang dikenal sebagai Senkaku di Jepang dan berhadapan dengan kapal patroli Jepang.  “Ini adalah kawasan Tiongkok!” teriak pemrotes 

Uniknya , Huang Xilin kemudian mulai melambaikan bendera Tiongkok lima bintang (bendera RRT) .  Apa yang dilakukan pemrotes Taiwan dengan bendera Republik Rakyat Tiongkok? Kemana gerangan bendera Republik Tiongkok (Taiwan)?

Dalam konferensi pers di dermaga setelah mendarat , Huang berkata :” Kami terburu-buru dan lupa membawa bendera Taiwan, jadi kami tampilkan bendera RRT sebagai gantinya.”

Kantor berita resmi , Xinhua , mengutip pernyataan Huang bahwa dirinya bermaksud mengibarkan bendera disebuah pulau , tetapi karena kehadiran kapal patroli Jepang , Huang membuang bendera tersebut ke laut. Huang sendiri menyerukan agar Mainland dan Taiwan berkerjasama untuk merebut kembali kepulauan Diaoyu , atau dikenal sebagai Senkaku di Jepang.

Banyak netizen di Tiongkok daratan yang memuji aksi Huang Xilin yang diliput oleh Phoenix TV. Tetapi ada juga yang tidak suka dengan bagaimana seorang Taiwan membuang bendera RRT kelaut begitu saja.

(Sumber : Wall Street Journal , Xinhua)

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu .