Ikan Penyerang Dikonfirmasi Sebagai Piranha

[Photo :  News.Cn ]

Budaya-Tionghoa.Net | Ikan yang menyerang seorang pria di sungai Liujiang , Liuzhou , kawasan otonomi Guangxi-Zhuang , dikonfirmasi sebagai ikan piranha.

Tiga ekor ikan piranha sebelumnya menyerang Zhang Kaibo bersama seorang temannya.  Zhang sendiri terluka dilengan kirinya sementara temannya terluka jarinya.

Zhang berhasil menangkap seekor ikan sementara dua ekor ikan sisanya lolos. Ikan ini ternyata spesies Serrasalmus sanchezi , salah satu jenis piranha.

Ikan eksotik ini hampir sebagian besar berasal di sungai Amazon , menurut pemerintah setempat seperti yang dikutip dari China Daily.

Ikan ini mungkin dilepaskan oleh beberapa warga yang membelinya secara ilegal sebagai ikan hias , kata Zhou Quan , seorang pejabat terkait. Menurut Zhou kepada China Daily ,” Warga kota tidak perlu resah tentang piranha di Sungai Liujiang.”

Gigitan ikan tidak akan membunuh manusia . Zhou juga mengatakan bahwa mereka tidak bisa hidup di air dengan temperatur dibawah 15 C , jadi kesempatan mereka untuk bertahan dan bereproduksi di Sungai Liujiang sangat kecil.

Pihak otoritas kemudian menginspeksi pasar ikan lokal dan menemukan tidak ada piranha yang dijual. Pengawasan terhadap pasar diperketat untuk mencegah ikan berbahaya ini memasuki kota.

Selain piranha , Tiongkok mengkonfirmasi kehadiran 520 varietas spesies asing termasuk 268 tanaman dan 192 binatang , serta mikro organisme. Kerugian ekonomi yang disebabkan oleh hanya 13 spesies asing melampaui 57 miliar yuan atau 9 miliar USD setiap tahunnya menurut statistik oleh Chinese Academy of Agricultural Sciences. (Sumber China Daily , Xinhua)
Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu