Tiongkok Tidak Akan Menjual Kepulauan Diaoyu

Budaya-Tionghoa.Net | Tiongkok tidak akan mengizinkan Jepang untuk membeli Kepulauan Diaoyu di Laut Tiongkok Timur kata juru bicara Kementrian Luar Negri Tiongkok hari Senin (9/7) seperti yang diberitakan oleh Xinhua.

Juru bicara Kemenlu , Liu Weimin dalam konferensi pers reguler mengatakan bahwa Tiongkok tidak bisa membiarkan siapa saja untuk membeli atau menjual wilayah sakral Tiongkok. 

Pernyataan ini berkaitan dengan pernyataan Perdana Mentri Jepang , Yoshihiko Noda dimana dia mengindikasikan bahwa pemerintah Jepang sedang mempertimbangkan untuk membeli kepulauan Diaoyu.

Liu mengatakan Kemenlu Tiongkok dan Kedubes Tiongkok di Jepang mengajukan keluhan ke Jepang pada hari Sabtu untuk menunjukkan sikap tegas pemerintah Tiongkok dalam hal menjaga kedaulatan wilayah atas kepulauan Diaoyu.

Liu menegaskan bahwa Kepulauan Diaoyu dan pulau-pulau sekitarnya telah menjadi bagian dari wilayah Tiongkok sejak jaman dahulu kala dan klaim Tiongkok juga didukung bukti sejarah yang tidak terbantahkan. (Sumber : Xinhua)
Budaya-Tionghoa.Net |  Facebook Group Tionghoa Bersatu