Game “Mempertahankan Diaoyu” Dihapus Dari Apple’s Online Store

Budaya-Tionghoa.Net | Bagi yang belum sempat mendownload permainan kontroversial ” Defend the Diaoyu Islands” untuk produk Apple seperti i-Phone dan i-Pad harus kecewa.

Pasalnya aplikasi permainan yang bertema mempertahankan Kepulauan Diaoyu disisi Tiongkok ini diremove dari toko online Apple tanpa alasan yang jelas. 

Menurut China Daily , pihak developer , Shenzhen ZQGame Network Co tidak mendapat penjelasan .  Panggilan berulang melalui phone dan sms ke representatif Apple tidak terjawab.

Kepulauan Diaoyu menjadi topik panas yang mewarnai hubungan antara Jepang dan Tiongkok. Permainan ini mempunyai 71 level untuk setiap pulau yang menjadi bagian dari Diaoyu yang harus dipertahankan.

Pemain game ini akan dihadapkan dengan pasukan Jepang dengan sasaran tidak seorangpun pasukan Jepang yang melewati garis pertahanan.

Meskipun Apple belum mengeluarkan penjelasan atas kasus game ini , tech-analyst , Sun Mengzi mengatakan bahwa alasan penghapusan itu sepertinya karena pelanggaran aturan di Amerika Serikat. Aturan itu merincikan bahwa “enemies” atau musuh-musuh dalam konteks game tidak bisa disasarkan ke ras , budaya , pemerintahan atau perusahan secara spesifik seperti yang dikutip dari China Daily.

Permainan bertema patriotik atau disebut juga “red games” , menjadi bagian dari budaya online di Tiongkok menurut Sun sambil menambahkan bahwa “red games” sangat sensasional dan menarik perhatian walaupun dangkal dan kurang dalam hal kreativitas dan kualitas konten.

Shen Shishun seorang pakar mengaakan kepada China Daily bahwa bagi sebagian pemain , “red games” tidak saja sarana rekreasi , tapi juga salah satu cara untuk mengekspresikan perasaan mereka. (Sumber : China Daily , Xinhua , Wall Street Journal)

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu