Netizen Tiongkok Menertawai Hadiah Yang Ditawarkan Pemerintah Liuzhou Untuk Berburu Piranha

[Photo :  News.Cn ]

Budaya-Tionghoa.Net | Para netizen di Tiongkok menertawai kota Liuzhou karena menawarkan hadiah sebesar 1000 yuan atau 157 USD kepada siapa yang berhasil menangkap ikan piranha di sungai , menurut yang diberitakan oleh Wall Street Journal (11/7) . 

China Daily (9/7)  sebelumnya melaporkan bahwa seorang pria diserang oleh tiga ekor ikan ganas yang menggigit pembuluh darah di tangannya ketika sedang memandikan anjingnya di Sungai Lujiang.  Pria itu, Zhang Kaibo , 31 tahun , penduduk Liuzhou , kawasan otonomi Guangxi-Zhuang  , diserang oleh ikan-ikan ganas tersebut. Salah satu ikan menggigit tangan kirinya dan tidak melepaskan gigitannya sampai tangan Zhang mengeluarkan darah.

Seorang teman Zhang yang bersamanya saat itu ikut tergigit jarinya. Setelah kejadian itu Zhang berusaha menyembuhkan lukanya yang terus berdarah.  Zhang seketika menjadi seleb dadakan di internet setelah dia mempublikasi beberapa foto bangkai ikan dan tangannya yang terluka dalam jaringan mikro-blog.

Otoritas terkait setempat memastikan bahwa ikan yang menyerang Zhang dan rekannya adalah ikan piranha.   Ikan ini mungkin dilepaskan oleh beberapa warga yang membelinya secara ilegal sebagai ikan hias , kata Zhou Quan , seorang pejabat terkait. Menurut Zhou kepada China Daily (9/7) ,” Warga kota tidak perlu resah tentang piranha di Sungai Liujiang.” Gigitan ikan tidak akan membunuh manusia . Zhou juga mengatakan bahwa mereka tidak bisa hidup di air dengan temperatur dibawah 15 C , jadi kesempatan mereka untuk bertahan dan bereproduksi di Sungai Liujiang sangat kecil. Sebaliknya sumber Wall Street Journal (11/7) yang juga mengutip sebuah media lokal menyebutkan bahwa ekosistem Sungai Liu mirip dengan Amazon , sehingga cocok untuk ikan piranha tersebut.

Hadiah yang disiapkan oleh pemerintah Liuzhou menjadi topik panas di Sina Weibo . Beberapa memprediksi bahwa hadiah tersebut akan menjadi bumerang. Seseorang akan segera mengimpor ikan ini dan menjualnya kembali kepada pemerintah. Dorongan pemerintah setempat dinilai konyol yang akan menghasilkan lebih banyak piranha yang hidup disungai kata salah satu netizen yang kutip Wall Street Journal.

Dua puluh toko online muncul disitus Taobao yang mendistribusikan piranha dan salah satunya menawarkan dengan harga murah , 20 yuan atau 3.15 USD dan bahkan ada yang menawarkan beli 10 gratis satu. Jika (Sumber : Wall Street Journal , China Daily , Xinhua)

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu