Kim Jong Un Menjadi Marshal Korea Utara

Budaya-Tionghoa.Net | Kim Jong Un dianugrahi gelar Marshal Korea Utara . Satu keputusan dibuat untuk menganugrahi gelar Marshal terhadap Kim Jong Un , panglima Tentara Rakyat Korea atau Korean People’s Army seperti yang di beritakan Korean Central News Agency (KCNA) hari ini (18/7).
KCNA juga melaporkan bahwa keputusan itu diambil bersama oleh beberapa badan penting seperti Central Committee, Central Military Commision of the Workers Party of Korea (WPK) , National Defense Commission (NDC) dan Presidium of the Supreme People’s Assembly of the DPRK. Kim Jong Un sebelumnya juga menduduki posisi penting di lembaga tersebut diatas.  Kim dipromosikan menjadi jendral pada bulan September 2010.

Di Korea Utara (DPRK) , marshal atau marsekal adalah posisi kedua tertinggi yang hanya dibawah grand marshal yang hanya diberikan kepada Kim Il Sung di tahun 1992 dan Kim Jong Il pada tahun ini. Kim Jong Un yang masih berusia 29 tahun , berkuasa di Korea Utara sejak wafat ayahnya , Kim Jong Il pada akhir Desember lalu di usia 69 tahun. Kim Jong Un akan didampingi oleh Hyon Yong Chol sebagai wakil Marshal.

Ketegangan antara Korea Utara dan Korea Selatan bersama Amerika Serikat sempat berkurang sebelum memanas kembali setelah pemimpin Korea Utara yang baru memegang kekuasaan.

Pyongyang dan Washington mencapai satu kesepakatan pada akhir Februari lalu dimana Korea Utara setuju untuk menunda pengayaan uranium dan nuklir , serta uji coba rudal jarak jauh. Keputusan Korea Utara untuk meluncurkan satelit “pengamat bumi” pada 13 April lalu membuat Washington menunda rencana bantuan.

Menlu Korea Utara , Pak Ui-chun mengatakan di Kamboja pada Sabtu kemaren bahwa negaranya siap bergabung dalam pembicaraan dengan enam negara termasuk Korea Selatan , Tiongkok , AS , Jepang dan Rusia yang dimulai sejak tahun 2003. Korea Utara keluar dari pembicaraan ini pada bulan April 2009 berkaitan dengan protes internasional terhadap test rudal jarak jauh.

Menlu Tiongkok , Yang Jiechi mengatakan kepada Xinhua bahwa Tiongkok akan mempererat komunikasi dan koordinasi dari berbagaipihak dan berkerjasama untuk mempertahankan perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea.  (Sumber : Xinhua)

Budaya-Tionghoa.Net | Facebook Group Tionghoa Bersatu