Justin Lin Yifu : Ekonom Top Dunia

 

Photo Credit : Bdwgast ,
“Justin Lin bersama istrinya di Frankfurt Bookfair 2009”

Budaya-Tionghoa.Net | Justin Lin adalah seorang top ekonom dunia yang menjadi chief economists Bank Dunia untuk masa bakti 2008-2012. Justin Lin Yi-Fu 林正义 kelahiran 15 Oktober 1952 di Yilan Taiwan. Di tahun 1971 dia masuk kampus bergengsi di Taiwan , National Taiwan University . Kemudian Lin masuk ROC Military Academy dan lulus pada tahun 1975. Lin melanjutkan studi dengan beasiswa militer  di National  Chengchi University , Taipei , Taiwan . Setelah menerima MBA pada tahun 1978 , Lin kembali ke dinas militer dan ditempatkan di Quemoy.

Perubahan penting dalam hidupnya terjadi ketika sebagai seorang kapten di militer Taiwan , Lin desersi dan menyeberang ke mainland Tiongkok. Lin berenang sejauh 2.3 km dengan bantuan dua bola basket dari Kinmen ke wilayah selatan Fujian pada 16 Mei 1979. Dia meninggalkan istri dan anaknya masih berada di Taiwan . Kenekatan Lin kembali ke mainland ini sudah diperhitungkan Lin berdasarkan pemahaman kultural , politik , ekonomi dan historis , kembali ke mainland merupakan pilihan optimal. (The Weekly Standard , 14 Februari 2008). Pihak militer Taiwan pertama kali menganggap Lin sebagai orang hilang . Istri dan keluarganya mendapatkan kompensasi 31 ribu USD dari pemerintah Taiwan.

Justin Lin Yi Fu yang pada tanggal 4 Februari 2008 diangkat menjadi top ekonom Bank Dunia di Washington ( NRC , 5 Februari 2008) , yang tentu merupakan satu bank yang berpengaruh besar didunia. Presiden dari Bank Dunia Robert Zoelick mengatakan bahwa Justin Lin merupakan kombinasi yang unik dari pengalaman dan kepandaian. Justin Lin  adalah pakar dalam bidang perkembangan ekonomi dan Dengan pengangkatan Justin Lin Yi-Fu (55) menjadi ekonom kepala dari Bank dunia merupakan satu tindakan yang penting. Dia bukan hanya orang Tionghoa yang pertama mendapatakan fungsi ini, tetapi juga adalah orang pertama dari negara berkembang yang mendapatkan fungsi ini. Lin dianggap sebagai kandidat kuat peraih Nobel Ekonomi ( Taipei Times 7 Februari 2008)

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s