Wang Shu : Pemenang Pritzker Architecture Prize 2012

Budaya-Tionghoa.Net | Awal tahun ini tepatnya , pada akhir bulan Februari , Thomas J Pritzker , ketua yayasan Hyatt yang mensponsori penghargaan tersebut mengumumkan bahwa Wang Shu menjadi pemenang penghargaan arsitektur Pritzker. Upacara resmi penyerahan penghargaan arsitektur Pritzker,  diadakan di Beijing pada 25 Mei dimana Wang Shu akan menerima hadian 100 ribu USD dan sebuah medali perunggu.  Fakta bahwa seorang arsitek dari Tiongkok terpilih oleh dewan juri , menggambarkan langkah signifikan dan peran Tiongkok yang akan memainkan ideal perkembangan arsitektural menurut Thomas Pritzker . 

Wang Shu 49 tahun, adalah arsitek pertama dari daratan Tiongkok yang memenangkan penghargaan tersebut, selain IM Pei , seorang arsitek Tionghoa-Amerika terkenal yang memenangkan penghargaan tersebut pada tahun 1983. Lord Palumbo , kepala dewan juri Pritzker mengatakan bahwa : “Pertanyaan tentang hubungan khusus antara masa kini ke masa lampau ini tepat pada waktunya , untuk proses terakhir urbanisasi yang mengundang perdebatan apakah arsitektur harus tetap melekat pada tradisi atau hanya menatap ke masa depan.” . Lord Palumbo menilai bahwa seperti halnya arsitektur besar , karya Wang Shu mampu mengatasi perdebatan itu , menghasilkan karya arsitektur yang abadi , berakar dalam konteksnya namun universal.

Semua karya Wang dibangun di Tiongkok, termasuk Perpustakaan Universitas Wenzheng di Suzhou University (2000) ,  “Lima Rumah Tersebar” (2005) ,  Zhejiang, Ningbo Contemporary Art Museum (2005) . Wang Shu juga berkarya di kampusnya sendiri Kampus Xiangshan , China Academy of Art Hangzhou (2004) . Karya lainnya adalah Ceramic House , Jinhua ( 2006) , Vertical Courtyard Apartments , Hangzhou (2007) , Ningbo History Museum (2008) dan Exhibition Hall of the Imperial Street of Southern Song Dynasty, Hangzhou, China (2009).

Continue Reading

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s