Hak Hak Alam

Photo Credit : transitionconsciousness.wordpress.com

Budaya-Tionghoa.Net | Pandangan dunia modern dewasa ini dipengaruhi oleh filsafat Materialisme Descartes dan pemikir-pemikir Materialisme seperti Newton, Bacon. Dan pengertian terhadap alam adalah mekanik dan menurut Bacon tujuan ilmu pengetahuan adalah untuk eksploitasi alam yang kemudian diperparah oleh Kapitalisme yang menganggap alam adalah untuk dieksploitasi demi kapital sehingga melahirkan kerusakan alam secara luas dan parah. Alam bukanlah sesuatu yang agung tapi lebih dari seonggok barang yang mekanik dan manusia yang berkuasa atas alam itu. Karena itu pada tahun 1970an lahir Ekologi sebagai jawaban atas kerusakan alam ini dan banyak aliran Ekologi seperti Antroposentrisme, Biosentrisme dan lain-lain.

Konsep alam sebagai benda itu merupakan pandangan barat yang berbeda dengan timur, di mana dalam konsep timur seperti dalam Taoisme, semua adalah bagian dari Tao sehingga memiliki jejaring yang berkesinambungan dan berkesambungan, alam harus dihargai, disetarakan dan anjuran hidup alamiah selaras dengan alam, seperti halnya Spinoza tentang alam dan semua yang ada itu tercipta dari alam dan alam itu sendiri adalah bagian dari kita semua dan kita semua adalah bagian dari alam, ini memiliki kemiripan dengan Daode Jing yang merupakan dasar dari Taoisme, ini serupa dengan pengertian Ekosentrisme dimana manusia dengan segala sesuatu, baik yang bersifat biosfer dan abiosfer itu setara. Seandainya alam dapat berbicara, tentunya cara berbicara berbeda dengan manusia. Alam berbicara melalui dampak kerusakan yang dibuat manusia atau dengan berubahnya siklus alam yang menjadi tidak karuan, alam tidak perlu berbicara dengan bahasa manusia, karena itulah alam. Bukan dengan membahas percakapan dalam bentuk bahasa seperti apa yang dilakukan manusia, alam sendiri berbicara dengan bahasa alam itu sendiri, seperti dalam Zen, “Rasakan angin sepoi yang berbicara”. Amat sulit bagi manusia yang berpikiran rasional untuk menerima alam itu bercakap-cakap karena hal itu sulit dibuktikan dengan logika tapi bisa dilakukan melalui intuisi, karena itulah yang membedakan antara konsep timur dan barat saat memandang alam.

Kita tidak pernah mau menyatukan diri dengan alam, memisahkan alam sebagai “the outsider” dari manusia yang berbeda dan berhak berkuasa atas alam seperti dalam pandangan Antroposentrisme yang beranggapan bahwa manusia sebagai pusat dan tujuan tindakan ekologis yang terpengaruh oleh Antropologi Kristiani, Aristoteles dan filsafat modern yang beranggapan bahwa manusia sebagai the free and rational being. Dalam hal ini, mungkin seorang penganut Politeisme jauh lebih menghargai alam karena mereka bisa dengan sujud menghargai sebatang pohon sedangkan menurut kaum rasional itu adalah hal yang absurd karena pohon tidaklah lebih tinggi bahkan lebih rendah dibanding manusia. Saat orang mentertawakan Zhuang Zi yang mengatakan sekelompok ikan berenang dan bahagia, orang itu berargumen bahwa Zhuang Zi bukan ikan sehingga tidak tahu apakah ikan senang atau tidak. Pandangan itu secara logika adalah benar, tapi jika menyadari bahwa manusia memiliki hubungan jejaring tersembunyi dengan segala sesuatu yang ada, maka Zhuang Zi bisa merasakan ikan itu bahagia karena ikan itu adalah bagian dari alam, saat mengatakan itu bisa dikatakan Zhuang Zi sedang bersatu dengan alam. Sama seperti halnya manusia memilah-milah system syaraf yang kompleks antara manusia dengan kecoa, sehingga beranggapan bahwa manusia jauh lebih tinggi dari kecoa karena manusia bisa berpikir, ini adalah pandangan Antropsentrisme yang beranggapan bahwa manusia memiliki kuasa terhadap apapun yang ada disekitarnya karena manusia lebih unggul padahal rasa keunggulan memberikan bencana bagi alam dan manusia sebagai bagian dari alam itu sendiri akan merasakan dampaknya.

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s