Wong Fei Hung Moslem = Hoax

Photo : Album Museum Wong Fei Hung di Foshan , Guangdong
by Ardian Cangianto

Sebenarnya ini tulisan lama versi blog parahyangan.wordpress yang mengkritisi hoax mengenai Wong Fei Hung adalah Muslim yang benar-benar merupakan hoax yang sangat kentara sehingga bagi masyarakat yang mengenal sekilas sejarah Tionghoa dan budayanya langsung tersadar bahwa itu adalah hoax mudah (mudah di-identifikasi).

Herannya dari beberapa komentar yang muncul masih ada yang membela hoax itu dan malah balik menuduh penulis melakukan pembodohan. Padahal siapapun yang membuat hoax itu lah yang memanfaatkan sentimen / fanatik terhadap agama menjadi lahan subur bagi penyebaran hoax.

Untuk itu saya menuliskan ulang mengenai hoax ini yang merupakan perkembangan dari tulisan lama di parahyangan wordpress. Seperti ibarat membunuh nyamuk dengan senapan mesin , rasanya agak keterlaluan kalau hoax sesederhana ini masih banyak juga yang tidak waspada.

Belakangan ini muncul berita yang menyebutkan Wong Fei Hung sebagai ulama yang kemudian tersebar ke berbagai blog. Informasi yang tidak bisa di pertanggungjawabkan ini seperti melakukan proses pembodohan masyarakat. (dalam tulisan berwarna untuk memudahkan membacanya) seperti dibawah ini :

Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s