Sino-Venezuela dan Wafatnya Chavez

Wafatnya Presiden Chavez dinilai akan membawa dampak besar bagi hubungan Sino-Venezuelan. Selama ini Venezuela menjadi sumber minyak penting bagi Tiongkok .  Roda pembangunan di Tiongkok yang cepat meningkatkan kebutuhan energi sementara Venezuela juga membutuhkan bantuan finansial dari Tiongkok yang telah menjelma menjadi kekuatan ekonomi kedua terbesar didunia.

Penulis Tionghoa , Xu Shicheng, menulis biografi pertama Hugo Chavez dalam bahasa Mandarin. Xu menggambarkan Chavez sebagai pemimpin besar di Amerika Latin di abad 21. Buku yang berjudul “Biography of Hugo Chavez : From the Bolivarian Revolution to the Socialisme of 21st Century” diluncurkan di Kedubes Venezuela di Beijing di tahun 2011. Acara tersebut dihadiri oleh intelektual Tionghoa dan diplomat asing.

Chavez menjadi bagian dari sejarah Amerika Latin dan gerakan kirinya menulari kawasan lain seperti Argentina , Bolivia , Ecuador , Nicaragua , Peru dan Uruguay. Xu menganggap Chavez sebagai negarawan penting di dunia Amerika Latin dan dunia. Chavez menjadi pemimpin di negara Amerika Latin yang paling sering berkunjung ke Tiongkok , dengan total enam kunjungan , yang menjadi fakta yang membuktikan hubungan baik antara kedua negara.

Wafatnya Hugo Chavez meninggalkan tanda tanya besar akan arah hubungan bilateral Sino-Venezuelan dimasa mendatang.  Juru-bicara Kemenlu Tiongkok , Hua Chunying menyampaikan bela sungkawa menyusul wafatnya Chavez. Hua mengatakan bahwa Chavez adalah pemimpin besar dan sahabat baik rakyat Tiongkok yang telah membuat kontribusi signifikan terhadap hubungan kedua negara.

Sementara itu seorang analis via Bloomberg mengatakan bahwa administrasi pemerintahan pasca-Chavez kemungkinan akan lebih dekat ke Amerika Serikat. Dan Matt Ferchen via Voice of Russia menjelaskan bahwa kepentingan Tiongkok di Venezuela akan terpengaruh oleh kematian Chavez. Dengan besarnya investasi Tiongkok di Venezuela berarti Tiongkok akan senang jika pemimpin baru nanti melanjutkan kebijakan lama dan Venezuela tetap menjadi partner yang bisa dipercaya. Continue Reading

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s