Asal Mula Tiongkok

Pertanian sudah ada di Tiongkok sekitar 10ribu tahun lalu. Di Tiongkok Utara, pertanian millet di, pertanian paling awal di dunia di gali dan di temukan dibebeberapa situs , Chishan , Peiligang. Juga di temukan dekat desa Nanzhuangtou ,Xushui country di selatan Hebei. Dari sample dan uji radiokarbon sangat dekat dengan waktu di sekitar 10ribu tahun lalu. Tipe millet yang di temukan salah satunya panicum miliacerum.

Di situs Nanzhuangtou, anjing dan babi juga sudah terdomestikasi. (walau di temukan juga tulang -tulang binatang yang menunjukkan aktivitas berburu juga masih dilakukan , saat pertanian mulai di Diselatan , jenis padi (oryza sativa) juga di temukan secara bertahap disitus Hemudu , Hangzhou , Zhejiang , yang dari uji di perkirakan sekitar 6000 Sebelum Masehi.

Saat manusia purba mulai bercocok tanam. Maka manusia cenderung untuk tinggal lama dalam satu kawasan dan berkelompok dan berdekatan dengan sumber air utama di Tiongkok (Yangzi , Yellow River , atau di utara , Liao River). Tujuh ribu tahun yang lalu (5000 BC) , kultur2 ini mulai berkembang secara regional (Regional Cultures).

Yangshao Culture (5000-3000BC) merupakan Neolithic culture pertama yang ditemukan di Tiongkok (1920). Lebih dari ribuan situs arkeologi di temukan dan tersebar di sepanjang sungai Kuning dari Zhengzhou di Timur sampai Gansu dan Qinghai.

Pertanian yang berkembang adalah millet. Sudah menganut kepercayaan shamanism. Figur naga juga banyak di temukan dalam situs tersebut (dan juga dalam Xinglongwa dan Daxi cultures.  Dawenkou Culture (5000-3000BC) , seperti halnya Yangshao ,  mengembangkan pertanian millet, terletak di di dataran tinggi , Shandong.

Daxi Culture (5000-3000BC) mengembangkan pertanian padi (oryza sativa), fasilitas lumbung yang melimpah , dan beberapa desanya memiliki tembok. Ciri keramiknya tinggi, langsing yang di cat dengan pattern hitam atau coklat. Daxi juga salah satu yang akrab dengan naga. Dapenkeng Culture (5000-2500BC) nantinya berhubungan dengan prasejarah di selatah Tiongkok , proto Austronesia , proto Malayopolynesian. Continue Reading

696px-Neolithic_china.svg

2 thoughts on “Asal Mula Tiongkok

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s