Tentang Kami

ICCSG adalah salah satu sister blog dari BUDAYA TIONGHUA. Pada awalnya blog ini dibuat untuk mempermudah member menelusuri beberapa tulisan dari Mailing List yang sebagian besar berasal dari tulisan member dan moderator dan beberapa tulisan luar BT yang dinilai relevan. Untuk pengelolaan selanjutnya ICCSG ini juga difungsikan untuk mirror bagi PORTAL | WEBSITE BUDAYA TIONGHOA dan hanya dikhususkan tulisan yang ditulis oleh member dan moderator BT saja per Desember 2010.

BUDAYA TIONGHUA atau BUDAYA TIONGHOA [ selanjutnya disebut BT ]  berdiri pada tahun 2003 dalam bentuk forum  Mailing List . Forum ini dibentuk atas dasar kepedulian akan eksistensi  Kebudayaan Tionghoa khususnya di Indonesia setelah hampir selama 30 tahun, kebudayaan Tionghoa dianggap sebagai kebudayaan asing yang perlu ditekan eksistensinya di Indonesia.Dengan kepercayaan dan keyakinan bahwa kebudayaan nasional Indonesia adalah melingkupi seluruh kebudayaan yang eksis di wilayah Indonesia sejak proklamasi negara Indonesia tahun 1945, maka daripada ini tidak dapat dipungkiri bahwa kebudayaan Tionghoa juga merupakan bagian integral dari kebudayaan nasional Indonesia.

“Kebudayaan mengandung keseluruhan pengertian, nilai, norma, ilmu pengetahuan serta keseluruhan struktur-struktur sosial, religius, dan lain-lain, tambahan lagi segala pernyataan intelektual dan artistik yang menjadi ciri khas suatu masyarakat.Sejarah bisa lain menurut sudut pandang yang berbeda-beda pula, namun kita yakin keluhuran sejarah hanya satu dan adalah tugas kita untuk belajar dari sejarah untuk menyempurnakan kehidupan kita supaya kesalahan yang lalu-lalu tidak terulang kembali. Forum ini dibuat untuk memperkenalkan kembali budaya Tionghua dan sejarah Tiongkok serta mendiskusikan segala macam permasalahan-nya. Semoga dengan diadakannya forum ini, siapa saja dari bangsa dan etnis manapun yang tertarik akan kebudayaan Tionghoa dan sejarah Tiongkok dapat lebih mengenal dan mendalaminya demi terciptanya reformasi dan integrasi wajar dari kebudayaan Tionghoa sebagai bagian dari kebudayaan nasional Indonesia. Forum ini bukan milik suatu golongan, terlebih-lebih aliran politik apapun. Namun bila ada banyak topik mengenai Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme Tiongkok, harap maklum sebab kebudayaan Tionghoa selama ribuan tahun dipengaruhi oleh 3 filsafat ini.”

Selain kegiatan diskusi di internet juga ada kegiatan silaturahmi antar anggota yang rencananya akan diadakan berkala. Pertemuan perdana diadakan pada tanggal 17 Desember 2005 di Jakarta dihadiri anggota dari berbagai kalangan dan latar belakang. Secara berkala, tim inti forum diskusi yang tergabung dalam tim moderator juga diundang untuk mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait baik akademisi maupun budaya untuk menyukseskan seminar-seminar berkaitan dengan ke-Tionghoa-an di Indonesia.

Seiring perkembangan Forum BT berkembang dari bentuk mailing-list dengan jumlah member 4100 kedalam media lain dalam format website [dulu memakai domain dot org]  dan salah satu dari moderator juga membuat blog Indonesian-Chinese Culture Study Group [ICCSG]. Karena masalah teknis blog dan web ini sempat terbengkalai. Website dikreasi ulang dengan tampilan yang berbeda dari web sebelumnya di domain yang baru http://www.budaya-tionghoa.net [Desember 2010].Perkembangan teknologi juga membuat Forum BT membuat Twitter , Facebook group dan Facebook Fanpage

Tujuannya adalah memperkenalkan budaya dan sejarah Tionghoa ke masyarakat yang lebih luas.

  • MAILING-LIST BUDAYA-TIONGHUA , Sarana berdiskusi dalam bentuk email bersama melalui media Yahoogroups ,merupakan forum BT yang paling awal dan sebagian besar artikel website BT berasal dari hasil diskusi member-moderator mailing-list. Mailing-list cocok untuk berdiskusi dengan tulisan panjang yang lebih serius.
  • ICCSG , adalah blog yang dikelola salah satu moderator yang berisi tulisan pilihan dari mailing-list
  • PORTAL | WEBSITE BUDAYA TIONGHOA , merupakan media online BT yang berisikan artikel artikel pilihan yang berasal dari seluruh lingkup BT , terutama Mailing-list , ICCSG , Facebook , tulisan terbaru dari moderator dan kontributor diluar BT yang bersedia dan mengijinkan artikelnya dipublikasi ulang di BT. Dengan dibuatnya web BT ini diharapkan akan mempermudah masyarakat mencari informasi tentang kebudayaan Tionghoa. Dalam website BT juga terdapat proyek rintisan dalam subdomain BT seperti Blog Budaya Tionghoa , Forum Budaya Tionghoa , Wiki Budaya Tionghoa
  • FACEBOOK GROUP BUDAYA TIONGHOA, merupakan sarana berdiskusi dalam media facebook dan merupakan forum BT terakhir. Secara berkala , tim admin dan moderator akan mengupdate beberapa artikel pilihan. Facebook BT terdiri juga dari Facebook Profil Budaya Tionghoa yang mewakili BT secara umum dan Facebook Page Budaya Tionghoa untuk sarana update feed atau rss dari seluruh lingkup BT kepada pendukung dan simpatisan BT. Dan sarana lain selain Facebook adalah  Twitter Budaya Tionghoa
Kami juga mengundang siapa saja simpatisan dan pendukung BT  untuk menjadi kontributor atau bergabung dengan kami.

Hormat Kami

Admin & Moderator

budaya.tionghoa.net@gmail.com